Aksi Kemanusiaan

HMI se UIR gelar Galang Dana untuk korban bencana alam Galodo dan longsor Sumatera Barat

HMI se UIR gelar Galang Dana untuk korban bencana alam Galodo dan longsor Sumatera Barat

Foto: Ist

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM - Bencana Alam Galodo dan longsor yang terjadi di Sumatera Barat,  (11-12 Mei 2024) kemarin, memberikan duka yang sangat mendalam bagi para korban. Pasca bencana alam yang menimpa kurang lebih enam kecamatan, bantuan ke negeri ranah Minang terus mengalir. Begitu juga di Kota Pekanbaru, penggalangan dana terus dilakukan oleh sejumlah elemen mahasiswa dan komponen masyarakat. Diantaranya, seperti yang dilakukan para mahasiswa yaitu Himpunan Mahasiswa Islam Selingkungan UIR Pekanbaru.

'Sejak, Ahad (19/05) kemarin penggalangan dana untuk membantu Galodo dan longsor Sumbar, telah kita lakukan. Dan alhamdulillah hingga kemarin, dana yang sudah terkumpul sekitar Rp3 juta. Seluruh dana yang terkumpul ini nantinya akan kita sumbangkan melalui Inisiatif Zakat Indonesia(IZI) yang kemudian akan diserahkan kepada korban bencana alam,' Aditya Prayoga , salah seorang Kader HMI UIR saat ditemui disela-sela penggalangan dana.

Dikatakan Korlap Abdul Hakim Hasibuan, beberapa titik yang dijadikan lokasi bagi termasuk dalam penggalangan dana ini, meliputi titik-titik atau simpang yang dinilai ramai kendaraan yang melintas. Diantara titik yang dijadikan lokasi singgah turun ke jalan dan meminta sumbangan dari warga, adalah di Persimpangan Lampu merah Jln.Soebrantas atau akrab disebut tabek gadang panam Pekanbaru. 

Tidak hanya menerima sumbangan dalam bentuk uang saja namun memasukkan juga menerima sumbangan pakaian-pakaian bekas dan lain-lain dari warga Pekanbaru. Sekecil apapun bantuan yang diberikan, setidaknya mampu meringankan beban yang diderita masyarakat Sumbar saat ini. 

Disebutkan mahasiswa hari ini bukan hanya cenderung dengan hal yang sifatnya akademisi saja namun dikesempatan lain mahasiswa juga memiliki peranan serta tanggung jawab sosial yaitu bagaimana mampu membawa nilai-nilai kebermanfaatan.

Serta Penggalangan dana yang kami lakukan ini, merupakan bentuk kepedulian kami terhadap musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Sumatera Barat. Mudah-mudahan dengan upaya dan kontribusi yang kami berikan ini, turut meringankan penderitaan saudara kita yang jauh disana,' imbuh Ketum HMI komisariat FKIP UIR, Muhammad Ramadhani. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, pasca terjadinya gempa Sumbar beberapa hari lalu, upaya penggalangan dana untuk membantu korban bencana alam, terus dilakukan.

 

Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :