Gebyar Festival lancang Kuning Carnaval berlangsung hari Ini

Gebyar Festival lancang Kuning Carnaval berlangsung hari Ini

Gebyar Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), Lancang Kuning Carnival, 3-5 Mei 2024

PEKANBARU,RANAHRIAU.COM- Gebyar Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), Lancang Kuning Carnival, dan Rapat Kerja Komwil I Apeksi mulai digelar hari ini, Jumat (3/5). Persiapan yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau hampir rampung 100 persen. 

Gebyar BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival diselenggarakan mulai 3 hingga 5 Mei 2024. Lokasinya pusatkan di halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Jalan Cut Nyak Dien, dan Jalan Cut Meutia. 

Dipilihnya Riau sebagai tuan rumah penyelenggaraan event tersebut, lantaran provinsi berjuluk Negeri Lancang Kuning itu, memiliki peluang besar pada industri UMKM dan sektor pariwisata khasnya.

Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto mengatakan, setelah sukses melaksanakan kegiatan BBI/BBWI tahun 2023 lalu, tahun ini Pemprov Riau kembali dipercaya untuk melaksakan kegiatan serupa. Namun, agar lebih menarik, Pemprov Riau tahun mengemasnya dengan kegiatan Lancang Kuning Carnival 2024.

“Kegiatan ini dibuat sebagai bentuk pemilihan ekonomi setelah pandemi Covid-19. Karena itu dibuat gerakan cinta produk Indonesia dan berwisata di Indonesia. Tahun lalu, dari kegiatan ini berhasil mencatatkan transaksi mencapai Rp63 miliar. Berdasarkan kesuksesan itu, tahun ini Pemprov Riau kembali dipercaya melaksakan kegiatan serupa,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, untuk menyukseskan perhelatan tersebut panitia telah melakukan berbagai persiapan. Ia memastikan sejumlah artis papan atas dipastikan hadir, ikut memeriahkan panggung seni hiburan. 

"Acara pagi ini pembukaan Rapat Kerja Komwil I Apeksi 2024 di Hotel Pengeran, Pekanbaru. Gubernur Riau SF Hariyanto dijadwalkan hadir. Kemudian, pukul 14.00 Wib, pembukaan Bazar UMKM Gebyar BBI BBWI dan Kuning Carnival. Acara bazar UMKM dibuka oleh Pj. Ketua TP PKK Provinsi Riau, Ibu Adriyas," kata Roni, Jumat (03/05/2024). 

Kemudian, kata dia, acara dilanjutkan pelepasan Pawai Karnival dan Pawai Budaya di halaman Kantor Gubernur Riau, pada pukul 16.00 wib. Lalu, opening ceremony BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival dibuka pada pukul 19.30 Wib.

"Pak Menteri Perhubungan dijadwalkan akan tiba di Pekanbaru sore ini. Malam harinya beliau bersama Pj Gubernur akan hadir pada BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival opening ceremony. Persiapan hampir 100 persen. Kami mohon dukungan semua pemangku kepentingan dan doa masyarakat Riau, semoga acara ini berjalan sukses. Sehingga, bisa memberikan multiplayer efek untuk Provinsi Riau," imbuhnya. 

Diungkapkan Roni, Lancang Kuning Carnival bakal menyajikan berbagai hiburan, yakni musik, tari, dan pameran ekonomi kreatif atau ekraf. Gigi Band, Four Twenty, Virgoun, Astrid Tiar, Angel Karamoy, dan Berliana Lovel telah dikonfirmasi menyatakan hadir. 

"Untuk persiapan kelengkapan panggung dan dekorasi lainnya hari ini kita finalkan, insya Allah selesai sesuai jadwal. Untuk pengisi acara baik artis ibukota ataupun penampil artis lokal sudah menyatakan kesiapan untuk menyukseskan helat ini. 

Lebih lanjut disampaikan, pada spesial event akan ada tari massal, melibatkan 10.000 peserta, Art performance, CFD event, mini stage event, dan fun market. Berbagai lomba juga bakal ikut meramaikan acara ini, di antaranya lomba foto, lomba mewarnai, moslem trendy, dan fashion recycle.

"Untuk tarian serentak melayu yang diikuti oleh 10.000 penari sudah dilaksanakan gladi bersih kemarin. Pada carnival event akan menampilkan, pawai budaya, artware carnival, Riau Community carnival, Pesona Wastra Nusantara, Historical, Ultra Glam, dan Beyond Culture. Kemudian," bebernya. 

Dijelaskan, untuk Gebyar BBI sendiri terdapat 123 stan UMKM yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Stan bazar tersebut gratis alias tidak bayar untuk UMKM berdasarkan hasil seleksi. 

Ada ratusan UMKM yang bakal meramaikan Gebyar Gernas BBI BBWI itu. Sebelumnya, sebanyak 1.400 UMKM mendaftar melalui link yang disiapkan panitia. Namun, hanya 300 UMKM yang lulus seleksi. UMKM yang ditentukan ada tiga kategori, yakni fashion, herbal dan pangan (basah dan kering). 

Roni menyampaikan, untuk menyukseskan kegiatan tersebut Polresta Pekanbaru telah menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Rapat Kerja Komwil I Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (Apeksi), Gebyar BBI BBWI, dan Lancang Kuning Carnival 2024. Apel tersebut, dihadiri seribuan personel dari TNI Polri, Dishub, dan Satpol PP. Digelar di Jalan Gajah Mada, Kota Pekanbaru, pada Rabu (1/4/2024). 

"1.525 Personel gabungan siap membantu mengamankan Raker Apeksi, Gebyar BBI BBW, dan Lancang Kuning Carnival. Personel yang diturunkan dari jajaran TNI Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP," katanya. 

Untuk lokasi parkir, kata Roni, Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru, melalui UPT Perparkiran telah menyiapkan lokasi titik-titik parkir. Adapun titik lokasi-lokasi parkir nantinya adalah di gedung Perpustakaan Soemen HS (Puswil) Jalan Cut Nyak Dien, Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Bulog, Veteran, Dinas Kehutanan Provinsi.

Kemudian, ada pula di Disnaker Provinsi Riau, DLHK Provinsi Riau, Dinas Sosial Provinsi, Gedung MPP Pekanbaru, Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan Dishub Provinsi Riau, Inspektorat Provinsi Riau, BPKAD Riau.

"UPT Perparkiran Dishub Pekanbaru telah menyiapkan titik-titik lokasi parkir. Di lokasi titik-titik parkir yang telah disediakan untuk pengunjung tersebut akan di jaga oleh personel Dishub. Tujuannya selain untuk mengarahkan kendaraan agar parkir di lokasi yang telah ditentukan, juga untuk mengawasi jika ada oknum jukir yang meminta jasa layanan parkir yang melebihi ketentuan dan aturan yang berlaku," tuturnya. 

"Terkait dengan pembayaran jasa layanan parkir akan disesuaikan dengan Perda yang berlaku yaitu yaitu Rp2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp3 ribu untuk kendaraan roda empat. Tidak ada yang melebihi dari aturan yang berlaku," tandas Roni.

Editor : RRMedia
Sumber : Media center
Komentar Via Facebook :