Peringati hari Kartini, BEM FKIP Unri Seminar dan Halal Bihalal bersama Ormawa

Peringati hari Kartini, BEM FKIP Unri Seminar dan Halal Bihalal bersama Ormawa

Foto : Ist

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM- BEM FKIP UIR gelar Seminar Hari Kartini di Auditorium Zaini Kunin FKIP UIR Gedung C lt.4, Kamis (25/4/2024). Lewat kegiatan tersebut, diharapkan tumbuh semangat Kartini sebagai inspirasi dan motivasi dalam perjuangan kaum perempuan.

Seminar bertema "Kiprah Perempuan Dalam Dunia Pendidikan, Politik, Usaha dan Teknologi " ini menghadirkan beberapa Narasumber Narasumber yang luar biasa dalam bidang dihadirkan yaitu Kaprodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP UIR ibu Idawati S.Pd., M.A, Anggota DPRD Provinsi komisi V Ayunda Ade Hartati Rahmat M.Pd, Komisioner Bawaslu Kota Pekanbaru Ayunda Reni Purba S.Pd, Staff PT TT Tirta Madani dan Penyiar El Jhon Pekanbaru .
 
"Kami mengucapkan Selamat datang kepada Narasumber dan Peserta yang telah hadir membersamai dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada pihak sponsor yang telah membantu kegiatan kami hingga lancarnya kegiatan kami. Adapun kegiatan positif ini kami laksanakan karena FKIP UIR yang dominasinya para perempuan dan menjadi edukasi yang penting dalam menggapai cita cita para perempuan dalam membangun peradaban" ujar Ketua Pelaksana yang sapaannya Dodi

Dalam Hal itu juga Gubernur BEM FKIP UIR Fadillah Fitri mengatakan dalam kata sambutan nya "bahwasanya perempuan memiliki peran penting sebagai Putri, Istri, Ibu dan dalam masyarakat. Dalam hal ini peran Kartini Panutan itu nyata buktinya narasumber narasumber kita yang telah mengabdi dan berkiprah di bidang nya masing-masing". 

Fadillah Fitri yang akrab sapaan nya Gub Dila juga mengatakan "perempuan itu aib bagi keluarga nya dan aib juga bagi keluarga nya stigma dan paradigma yang dibangun masyarakat itu harus lah kita ubah bahwasanya perempuan itu juga sama dengan laki-laki. Sama- sama bisa mengeluarkan mimpi dalam bidangnya masing-masing".

"Perempuan harus kreatif perempuan harus berinovasi karena kita lah sesungguhnya kartini-kartini itu".
Tidak terlepas itu juga Presiden Mahasiswa UIR juga memberikan kata sambutan nya dalam kegiatan seminar hari Kartini tsb, sesosok Gubernur BEM FKIP UIR merupakan Kartini masa kini, Gubernur BEM FKIP yang telah mendorong saya hingga menjadi Presiden Mahasiswa terpilih hari ini.sudah sepatutnya kita semua khususnya kaum perempuan untuk meneladani sikap-sikap dan perjuangan Raden Ajeng Kartini agar perempuan semakin maju dan berdaya. 

Tak hanya itu Kata Sambutan terakhir oleh Wakil Dekan III sekaligus di bukanya acara oleh Bapak Drs. Daharis M.Pd juga mengatakan Zaman Dahulu Perempuan itu tugas di Dapur, Sumur, Dapur tetapi hari ini kita sudah melihat banyak sekali perempuan perempuan yang menjadi seperti Pilot, Anggota DPRD hingga Pemimpin Pemimpin lainnya dan tentunya peran perempuan tersebut tidak terlepas dari dukungan kaum laki-laki mulai dari tatanan keluarga, masyarakat, bahkan negara.

Acara terus berlangsung hingga foto bersama dengan Narasumber, Panitia dan Peserta. 

Pemateri pertama pada kegiatan seminar ini adalah Kaprodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP UIR Idawati S.Pd., M.A. Pada pemyampaian materi ia memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana perempuan bisa menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat.

Selama acara berlangsung para tamu mendengarkan penyampain materi dengan antusias dan ceria. “Saya sangat berterima kasih sudah diundang ke acara ini, selain mendapatkan ilmu dan relasi baru, acara ini sebagai ajang silaturahmi bagi kita semua” ujar  salah satu peserta seminar.

Pemateri kedua adalah Anggota DPRD Provinsi Komisi V Ade Hartati Rahmat M.Pd pada penyampaian materi "kaum intelektual yang memiliki kemampuan lebih di atas rata rata masyarakat secara umum, karena anak anakku yang hadir pada hari ini label adalah Mahasiswa".

Pemateri ketiga adalah Komisioner Bawaslu Kota Pekanbaru Reni Purba pada penyampaian materi tidak lebih menarik ia menceritakan pengalaman pengalaman sewaktu mengikuti organisasi di kampus yang biasanya disebut perempuan aktivis perempuan. Ia mengatakan previllage selagi mahasiswa jangan pernah di sia siakan.

Pemateri keempat adalah  Staff PT TT Tirta Madani dan Penyiar El Jhon Pekanbaru Dina Sajida M.Ikom pada penyampaian pemateri saya pernah posisi di teman teman menjadi orang pendengar dan penelaah lalu begini oh raya didengar ya, Dan tidak hanya itu Dina Sajida M.Ikom mengatakan kawan" tau peran perempuan ditempat saya bekerja itu rata-ratanya laki, tidak ada perbedaan didalam nya yang di sebut kesetaraan Gender tetapi bukan berati laki-laki pandai manjat pohon kelapa perempuan mau juga bukan begitu.

Perayaan Hari Kartini di BEM FKIP UIR bukan hanya sekedar acara seremonial, tetapi juga merupakan momentum untuk merenungkan dan mengapresiasi peran perempuan dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Pada akhir acara, ada penyerahan sertifikat dan guide bag sebagai apresiasi dan kenang-kenangan kepada pemateri, dan peserta setelah itu seluruh tamu undangan, pemateri beserta moderator melakukan dokumentasi dan penutupan acara.

Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :