Pesan Kadispora Riau di Acara Jambore dan Bakti Pemuda antar daerah 2024

Pesan Kadispora Riau di Acara Jambore dan Bakti Pemuda antar daerah 2024

Foto : Ist

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM- Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Riau melalui Bidang Layanan Kepemudaan menggelar Jambore dan Bakti Pemuda Antar Daerah (BPAD) 2024 di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru pada 22-27 April 2024. Sebanyak 60 pemuda dari 12 kabupaten/kota di Riau ikut kegiatan ini.

Kegiatan yang sekaligus dijadikan ajang seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Riau H Erisman Yahya MH, Senin (22/4/2024).

Pembukaan juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi Riau Fraksi Partai Golkar yang juga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Riau Sewitri SE MSi.

Dalam agenda ini juga tampak hadir Sekretaris Dispora Riau Rosdi SE, Pejabat Eselon III dan IV, para ketua tim kerja di lingkungan Dispora Riau, perwakilan Dispora kabupaten/kota se- Riau, perwakilan DPD AMPI Riau, perwakilan PPMI Riau, dan undangan lainnya. "Kegiatan Bhakti Pemuda ini dilaksanakan selama enam hari. Lokasinya di Kelurahan Langgam Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Saya mengharapkan para peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik dan penuh tanggung jawab serta dengan sungguh-sungguh dari awal hingga akhir,’’ ujar Kadispora Riau Erisman Yahya, Selasa (23/4/2024).

’’Melalui kegiatan ini, kami melakukan seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi Tingkat Provinsi Riau yang akan dikirim ke pusat sebanyak lima pasang. Dari lima pasang itu akan dipilih sepasang yang akan mewakili Provinsi Riau. Satu orang akan dikirim ke Provinsi Bengkulu dan satunya lagi ke Kalimantan Utara,’’ tambah Erisman Yahya.

Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Riau Sewitri SE MSi, saat menyampkaian kata sambutan dengan senada juga menyampaikan ‘’Kegiatan ini sangat strategis untuk anak bangsa. Apa yang dilakukan ini merupakan adopsi dari pusat dan sudah ditularkan pula di kabupaten/kota. Dengan cara ini pemuda menyatu dalam kebersamaan, berbagi pengalaman dan kemampuan serta ditempa jadi pemimpin, minimal pemimpin dalam regu,’’ ujarnya.

Ke-60 pemuda yang ikut kegiatan ini berusia antara 16-30 tahun. Peserta terbanyak berasal dari Pelalawan yakni 16 orang. Sedangkan daerah lain seperti Pekanbaru, Dumai, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kampar, Rokan Hulu, dan Rokan Hilir hanya mewakilkan emnpat peserta yang masing-masing dua putra dan dua putri.

Dalam kegiatan ini, Dispora Riau mendatangkan narasumber dan instruktur dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Dinas Pariwisata Pendidikan dan Olahraga (Disparpora), Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu (LAM) Pelalawan, Camat Langgam Pelalawan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Riau, dan Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Riau.

Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau Helfandi SE MSi mengatakan, Jambore dan Bhakti Pemuda Antar Daerah Provinsi Riau ini merupakan salah satu program pemerintah tahunan. ‘’Kegiatan ini dalam rangka untuk mengemban dan membina generasi muda, serta memberikan kesempatan kepada generasi muda beraktivitas mengenal kultur, perkembangan dan kemajuan dari daerah lain,’’ ujarnya.

Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :