Disbud Riau Akan Menelusuri Jejak Hasil Kebudayaan Di Pekanbaru

Disbud Riau Akan Menelusuri Jejak Hasil Kebudayaan Di Pekanbaru

Tugu 0KM Penghubung Pekanbar-Bangkinan-Payakumbuh (net)

PEKANBARU, RanahRiau.com - Dinas Kebudayaan Provinsi Riau akan fokus menggali potensi budaya Kota Pekanbaru karena sebagai ibukota Provinsi Riau, daerah itu dinilai bisa memberi cerminan sebagai pusat budaya dalam rangka mencapai visi misi 2020.

"Saat ini disbud akan fokus pada potensi kebudayaan di Pekanbaru sebagai ibukota dan gerbang Provinsi Riau," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan Riau Yoserizal Zen di Pekanbaru, Jumat.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan bahwa Pekanbaru juga memiliki potensi budaya yang beragam salah satunya dialeg bahasa yang dimiliki oleh penduduk di sepanjang Sungai Siak.

Selain itu ia menyebutkan bahwa di seberang Sungai Siak terdapat Kampung Teluk Leok yang memiliki tradisi tarian "Olang-Olang" yang biasanya ditarikan oleh orang Sakai dalam acara pengobatan.

"Nah ini harus ditelaah dan digali lebih lanjut lagi, apakah dulunya yang tinggal disana orang sakai atau bagaimana, itu salah satu tugas kami nantinya," ucapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa masih banyak potensi budaya Pekanbaru yang perlu ditonjolkan, selain yang disebutkan diatas masih ada kuburan panjang di Okura. Selain itu etimologi asal muasal nama-nama daerah menurutnya juga perlu dikaji sebagai hasil dari kekayaan budaya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Dinas Budaya berencana melakukan ekspedisi budaya sebagai salah satu cara untuk menggali, melestarikan serta mengembangkan warisan budaya yang dimiliki.

"Jangan sampai budaya yang ada saat ini malah punah dan hilang tanpa sempat kita revitalisasi dan dokumentasikan," tutupnya.


(antarariau.com)

Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :