Awas..! Modus Penipuan via WhatsApp, Oknum Ngaku Catut Nama Letkol Irvan Nurdin Saat Sertijab

Awas..! Modus Penipuan via WhatsApp, Oknum Ngaku Catut Nama Letkol Irvan Nurdin Saat Sertijab

BENGKALIS, RANAHRIAU.COM - Bermacam cara yang dilakukan oleh para penipu untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan secara mudah. Hal tersebut terjadi dengan orang nomor satu dijajaran kodim 0303/Bengkalis yang mengatas namakan Dandim Letkol Arh Irvan Nurdin, SE, MM melalui pesan WhatsApp untuk meminta uang.

Hal tersebut dibenarkan oleh komandan Kodim Bengkalis, bahwa ada orang diduga memakai namanya dengan memasang picture (DP) Letkol Irvan saat prosesi serah terima jabatan (Sertijab) di Korem 031/Wira Bima. 

Dengan nomor telepon yang digunakan pada aplikasi WhatsApp palsu tersebut yakni +62 815-2426-6602 dengan nama pengguna DANDIM IRVAN BKS.

“Benar, nomor whatsApp (Wa) palsu dengan mengatas namakan saya pribadi. Fotonya juga begitu, pakai foto saya, dan itu bukan nomor saya yang asli,” tegas Letkol.Arh. Irvan Nurdin, SE., MM, Dandim 0303 Bengkalis, Senin 18 September 2023.

Atas kejadian tersebut, ia mengatakan bahwa diduga aksi kejahatan cyber itu segera ditelusuri oleh Pasi Intel Kodim 0303 Bengkalis, Kapten Cpl. Farimus Hendriko dan anggota lainnya. 

“Saat ini mereka sedang dilacak anggota. Memang ini nomor yang digunakan untuk menelepon/wa dan selanjutnya minta TF (transfer, red),”terangnya.

Untuk mencegah adanya pihak yang dirugikan tersebab aksi kejahatan cyber itu, Dandim 0303 Bengkalis mengimbau agar seluruh masyarakat tidak sembarang merespon pesan masuk yang mengatas namakan dirinya sebagai Dandim 0303 Bengkalis atau yang lainnya.

Kami himbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak merespon pesan-pesan yang dikirimkan oleh orang atau nomor yang tidak dikenal. Lebih teliti dan jeli, jadi kunci agar tidak menjadi korban kejahatan. 

"Sekali lagi saya tegaskan, nomor atau Wa tersebut adalah palsu dengan mencatut nama saya. Semoga himbauan ini bisa menjadi antisipasi agar tidak ada satu orangpun yang menjadi korban kejahatan tersebut,” tutur Dandim. (ril) 

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :