Samakan Makna Istilah

Kementerian PUPR Luncurkan Kamus Pengembangan Wilayah

Kementerian PUPR Luncurkan Kamus Pengembangan Wilayah

JAKARTA, RanahRiau.com - Guna mempermudah pemahaman istilah-istilah yang biasa digunakan di sektor pengembangan infrastruktur, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah meluncurkan kamus istilah pengembangan wilayah.

Kepala Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW), Rido Matari Ichwan, menjelaskan kamus ini merupakan acuan dan alat komunikasi berbagai pemangku kepentingan untuk memahami istilah atau terminologi yang sering digunakan dalam teori, praktik, maupun kebijakan pengembangan wiiayah di lndonesia.

"Kamus ini secara umum akan digunakan sebagai acuan dan alat komunikasi, antara pemerintah, akademisi, badan legislasi, dunia usaha, maupun masyarakat, untuk mengaplikasikan, memahami istilah dan terminologi yang sering digunakan dalam teori, praktek, maupun kebijakan pengembangan wilayah di Indonesia," terang Rido dalam acara bedah kamus di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (7/2/17).

Selain itu, Rido juga mengatakan, kamus ini dapat digunakan untuk menyederhanakan makna dari istilah yang biasa digunakan di sektor pengembangan wilayah, yang biasa digunakan di Kementerian PUPR.

"Dengan hadirnya kamus ini, juga ditujukan untuk menyederhanakan makna dalam kata yang terkandung dalam pengembangan wilayah yang sering digunakan di kementerian PUPR," ungkap dia.

Rido menambahkan, diterbitkannya kamus ini, adalah untuk menghindari adanya kesalahpahaman atau perbedaan persepsi dalam menjalankan berbagai program maupun konsep yang dijalan Kementerian PUPR.

"Dokumen perencanaan dan pemrograman dari BPIW harus dipahami dengan mudah oleh pihak-pihak yang menggunakannya. Untuk itu, perlu ada referensi yang dapat digunakan untuk menyeragamkan kesepakatan dan kesepahaman dalam melihat isi dokumen tersebut," tutur dia.


(detik.com)

Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :