Ada yang Berbau LGBT di Tepian Lubuk Sobae, Reno : Jika Benar, Dinilai Merusak Nilai Budaya

Ada yang Berbau LGBT di Tepian Lubuk Sobae, Reno : Jika Benar, Dinilai Merusak Nilai Budaya

Jalur Tuah Keramat Bukit Embun dari Inhu berkostum Pelangi

KUANSING, RANAHRIAU.COM - Tidak ingin kebudayaan Pacu Jalur tradisional di kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) ternodai, masyarakat Kuansing meminta supaya pengurus Jalur Tuah Keramat Bukit Embun dari Inhu untuk memberikan klarifikasi.

Salah seorang masyarakat Kuansing, Reno (nama samaran) mengatakan bahwa, Jalur Tuah Keramat Bukit Embun yang ikut berpartisipasi dalam festival budaya Pacu Jalur di tepian Lubuak Sobae hari ini, semua atletnya menggunakan costum berwarna bendera pelangi, yang merupakan bendera kebanggaan Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT).

" Jika benar, dinilai telah merusak nilai budaya. Kita tidak ingin tradisi kita di Kuansing ini ada berbau LGBT. Kita harus minta pengurus Jalurnya untuk mengklarifikasi terkait warna costum yang mereka pakai. Sebab, kita tengah gencar melakukan penolakan terhadap LGBT," ucap Reno kepada ranahriau.com Senin (14/8/2023) via telepon.

Reno mengaku terkejut saat menyaksikan live streaming pacu jalur, dan melihat hilir ke 44 ada atlet jalur yang menggunakan costum berwarna pelangi yang merupakan warna kebanggaan LGBT.

" Coba perhatikan baik-baik, dan coba buka google, dan sesuaikan warnanya. Mirip gak dengan warna LGBT. Kita minta pengurus jalur mereka untuk memberikan klarifikasi. Kepada panitia, tolong diperhatikan betul yang aneh-aneh seperti itu, sebab kita harus sama-sama menjaga nilai-nilai budaya daerah kita ," pungkas Reno.

Kepala dinas Pariwisata dan kebudayaan Kuansing, Azhar saat dikonfirmasi terkait costum yang digunakan salah satu jalur dari Inhu itu ada yang berbau LGBT, hingga berita ini ditayangkan, Azhar belum memberikan jawaban.

Upaya konfirmasi terhadap Ketua panitia pacu jalur di Tepian Lubuak Sobae dan kepada pengurus Jalur Tuah Keramat Bukit Embun dari Inhu itu akan tetap dilakukan untuk mengklarifikasi terkait warna costum berwarna pelangi tersebut.

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :