Sah, Kerjasama UII dan UNY dengan Pemprov Riau

Sah, Kerjasama UII dan UNY dengan Pemprov Riau

YOGYAKARTA - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar telah menandatangani komitmen kerjasama atau MoU dengan dua perguruan tinggi (PT) sekaligus di Yogyakarta, yakni Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Senin (29/5/2023).

Penandatanganan MoU langsung dilakukan oleh Gubri Syamsuar bersama Rektor UII Prof Fathul Wahid, ST, M.Sc, Ph.D dan Rektor UNY Prof Dr Sumaryanto, M.Kes, AIFO di kampus masing-masing.

Dengan demikian, telah resmi dijalin kerjasama antara Pemprov Riau dengan kedua PT di Kota Pelajar itu. Berdasarkan kerjasama ini, Pemprov Riau sudah bisa menyalurkan beasiswa bagi anak-anak Riau yang melanjutkan pendidikan di UII dan UNY. 

Khususnya bagi mahasiswa/mahasiswi berprestasi namun kurang mampu atau dari suku terasing, termasuk juga beasiswa bidikmisi. Sebelumnya, Gubri juga telah menjalin kerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) yang juga di kota yang sama.

"Tentu saja kalau kami sudah menjalin kerjasama, maka kami sudah punya legalitas untuk mengucurkan beasiswa," ucap Gubri Syamsuar usai penandatanganan MoU.

Ia menyebutkan, bahwa hingga kini sudah ribuan anak-anak Riau yang menerima beasiswa dari Pemprov Riau. Mereka kuliah tidak saja di dalam negeri, bahkan juga di luar negeri. Baik S1, S2 maupun S3.

Khusus untuk UII, sesuai data yang disampaikan Rektor UII Fathul Wahid, setiap tahun tidak kurang dari 250 sampai 300-an orang mahasiswa asal Riau yang melanjutkan pendidikan di UII.

"Untuk Sumatera, yang terbanyak mahasiswa kami adalah dari Riau," ungkap Fathul.

Sementara, Gubri Syamsuar menyebut bahwa alumni UII banyak berkarir di pemerintahan di Riau. Bahkan tidak sedikit yang jadi pejabat.

Ke depan, UII ada rencana membuka perkuliahan atau kelas jauh di Riau, dengan sistem perkuliahan secara hybrid, 40 persen daring dan 60 persen luring.

UII juga akan melibatkan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni UII Provinsi Riau, yang saat ini dipimpin Joni Irwan MH (Asisten I Setda Provinsi Riau) untuk lebih aktif menyosialisasikan UII kepada siswa-siswa SMA/SMK, MA atau yang sederajat, yang ingin melanjutkan studi di UII.

Saat acara penandatanganan MoU dengan UII, beberapa pengurus alumni UII Provinsi Riau juga ikut hadir, seperti Dr Zulkarnain Kadir dan Dr Syafriadi.

Gubri Syamsuar berharap, kerjasama yang sudah dijalin dengan UII dan UNY tidak saja soal perkuliahan, tapi juga bisa berkolaborasi dalam menyelesaikan berbagai persoalan di daerah.

Riau dengan potensi sumber daya alam yang melimpah, juga terdapat banyak persoalan. Mulai dari konflik lahan, industri, masalah lingkungan hidup, hingga persoalan bisnis.

"Kami yakin, bapak-ibu yang ahli dalam berbagai bidang, bisa bekerjasama dengan kami, dalam menyelesaikan berbagai persoalan di daerah," harap Gubri.

Turut hadir mendampingi Gubri, Asisten I Setda Provinsi Riau Joni Irwan, Staf Ahli Yurnalis, Kadisdik Kamsol, Kadispora Bobi Rahmat, Kadiskominfotik Erisman Yahya, Karo Adpim Haiyadi dan Karo Hukum/Plh Karo Pemerintahan dan Otda Ely Wardhana.

Editor : Eriz
Sumber : rilis
Komentar Via Facebook :