Pergelaran Perahu Baganduang Akan Menambah Semaraknya Malam Pacu Jalur di Teluk Kuantan

Pergelaran Perahu Baganduang Akan Menambah Semaraknya Malam Pacu Jalur di Teluk Kuantan

Jalur Puti Mandi Mayang Taurai

TELUKKUANTAN, RANAHRIAU.COM - Pelaksanaan kegiatan Pacu Jalur tradisional di Kabupaten Kuantan Singingi tahun ini masih sama dengan pelaksanaan kegiatan Pacu Jalur yang dilaksanakan pada tahun 2019. Dimana pelaksanaannya tetap melibatkan pemangku adat.

"Semua kegiatan mulai dari kegiatan pacu jalur mini, kemudian pacu jalur di 2 rayon kecamatan, sampai ke ivent nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan, tetap melibatkan pemangku adat. Ya, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya," terang kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Azhar

Sebab, kata Azhar, budaya yang harus kita jaga dan lestarikan ini tentunya juga menjadi tanggungjawab pemangku adat dan wajar kita melibatkan pemangku adat untuk menyelenggarakannya.

Dikatakan Azhar, beberapa kegiatan pacu jalur yang akan kita gelar pelaksanaannya tahun ini, diantaranya pacu jalur mini yang akan diselenggarakan pada minggu pertama bulan juni di Desa Suka Raja.

Selanjutnya, pada pacu jalur budaya atau rayon akan digelar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kuantan Mudik dan Kecamatan Kuantan Hilir (Baserah).

"Untuk rayon I Kecamatan Kuantan Mudik akan dilaksanakan pada Minggu pertama Agustus, dan ini belum kita tetapkan tanggal pelaksanaannya. Sementara untuk rayon 2 kecamatan Kuantan Hilir (Baserah), akan dilaksanakan pada tanggal 15-17 Agustus," tukas Azhar

Sementara penutupan kegiatan kita laksanakan Pacu Jalur Ivent Nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan pada tanggal 21-24 Agustus dan telah didaftarkan ke Kementerian Pariwisata, kata Azhar.

Nah, yang lebih menarik lagi beber Azhar, pada malam hari di Tepian Narosa Teluk Kuantan akan ada pergelaran Perahu Baganduang yang dihiasi dengan berbagai warna Lampu pada Gulang-gulang, sehingga kelihatan Indah dan menambah semaraknya suasana malam di sepanjang arena pacu jalur. Karena semua Perahu Baganduang akan berhilir dari star sampai ke finish di tepian Narosa, yang dikuti oleh setiap kecamatan.

Foto : Perahu Baganduang, Lubuk Jambi

Terkait anggaran untuk Pacu Jalur kecamatan dan Pacu Jalur Mini kita menganggarkan sebesar Rp. 75 juta untuk setiap kecamatan, sedangkan untuk Ivent Nasional Teluk Kuantan kita sudah mempersiapkan anggarannya sebesar Rp 600 juta.

Hal itu dibenarkan Plt. Bupati Kuansing, Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM melalui keterangan tertulisnya kepada ranahriau.com Rabu (11/05/2022) pagi. 

" Benar. Yang berkaitan dengan pelaksanaan operasional kegiatan, tenaga, dan pembiayaan tetap urusan pemerintah. Karena pertanggung jawaban keuangan negara harus sesuai dengan Standar akuntansi pemerintah," ucap Plt. Bupati Kuansing, Suhardiman Amby.

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :