Sudah Dua Bulan

Pelabuhan Sungai Perak Dibiarkan Roboh

Pelabuhan Sungai Perak Dibiarkan Roboh

TEMBILAHAN, RanahRiau.com - Dermaga Pelabuhan Kelurahan Sungai Perak, Kecamatan Tembilahan roboh, sejak dua bulan lalu. Kondisi ini tentunya menyulitkan akses transportasi warga setempat. 

Warga mengharapkan akses turun-naiknya warga yang akan menyeberangkan ke kota Tembilahan ini segera diperbaiki, karena mengganggu kegiatan warga sejak roboh, pada bulan Ramadan lalu. 

"Kami mengharapkan dermaga pelabuhan yang roboh ini segera diperbaiki, karena merupakan akses penting warga turun-naik saat ingin menyeberang ke kota Tembilahan dan sekitarnya," ujar Amat, warga setempat, Jum'at (9/9/16). 

Agar tidak menghambat akses warga, maka saat ini secara swadaya mereka bergotong-royong membangun pelabuhan darurat yang yang terbuat dari kayu. Sehingga warga, khusus pelajar yang bersekolah di kota Tembilahan tidak terhambat saat menyeberang dengan pompong. 

Lurah Sungai Perak, Abdul Hakim membenarkan robohnya dermaga pelabuhan Kelurahan Sungai Perak tersebut. 

"Dermaga ini roboh sejak dua bulan laku, padahal keberadaannya sangat penting bagi warga yang akan menyeberang ke Tembilahan, baik anak sekolah dan membawa barang lainnya," jawab Abdul Hakim ketika dikonfirmasi riauterkinicom, Jum'at (9/9/16). 

Disebutkan, usia pelabuhan ini memang sudah cukup lama dan sudah mengalami beberapa kali perbaikan. Kondisi ini juga sudah beberapa kali dilaporkan ke instansi terkait, agar segera dilakukan perbaikan. 

"Sebelum roboh sudah beberapa kali diperbaiki, namun karena pada bagian tonggaknya terkena abrasi sehingga bagian cerucuknya menjadi rapuh, maka kondisi tonggak yang tergantung membuat tidak kuat menahan beban diatasnya, sehingga roboh," terangnya. 

Kondisi ini harus cepat diperbaiki, karena merupakan akses satu-satu bagi warganya, terutama para pelajar yang akan menyeberang ke kota Tembilahan. (Rtc)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :