Mengenal sosok Ellya Khadam, pedangdut indonesia yang diabadikan google doodle hari ini

Mengenal sosok Ellya Khadam, pedangdut indonesia yang diabadikan google doodle hari ini

Ellya Khadam adalah perintis musik dangdut yang diabadikan dalam Google doodle. Simak profilnya.

JAKARTA, RANAHRIAU.COM- Ellya Khadam menjadi Google-doodle" target="_blank" title="Google doodle" >Google doodle pada hari ini. Dia adalah perintis musik dangdut di Indonesia. Ellya Khadam lahir pada 23 Oktober 1928 dan meninggal pada 2 November 2009. Dia memulai karir sebagai penyanyi dalam Orkes Melayu Kelana Ria,  saat dipimpin oleh Adi Karso dan Munif Bahasuan.  Saat Ellya Khadam bekerja sebagai penyanyi Orkes, maka momentum ini melahirkan beberapa penulis lagu Melayu populer pada 1960-an yang kemudian berkembang menjadi tonggak awal genre musik dangdut. 

Dia terkenal sebagai penulis lagu Boneka Dari India, Djandji, dan Pergi Tanpa Pesan yang telah populer sejak akhir 1950-an dan awal 1960-an. Ellya Khadam juga terkenal dalam mempopulerkan lagu Beban Asmara (1961, Cipt. Munif B.) dan lagu berjudul Ogah Ah!. 

Pada tahun 1970-an Ellya juga sibuk di berbagai film (terutama film musik) Indonesia. Pada dekade tersebut dia mendirikan grup musik untuk mendukung penampilannya di kamar rekaman dan panggung, Orkes Melayu El Sitara. Setelah namanya sempat tenggelam oleh penerusnya pada tahun 1970-an dan 1980-an, Ellya ternyata masih terus berkarier di dunia musik hingga beberapa bulan menjelang kematiannya.

 

Editor : Abdul
Sumber : bisnis.com
Komentar Via Facebook :