Tingkatkan Peranan Wanita pada level Manajemen Institusi di UNRI, PSKPW lakukan Pemetaan

Tingkatkan Peranan Wanita pada level Manajemen Institusi di UNRI, PSKPW lakukan Pemetaan

 DR. Sri Endang Kornita SE, M.Si, Ketua Pusat Studi Kependudukan dan Peranan Wanita UNRI 

RANAHRIAU.COM- Peran civitas akademika wanita pada level manajemen di Universitas Riau selama ini belum teridentifikasi secara jelas, sehingga perlu dilakukan sebuah penelitian untuk mengidentifikasi hal tersebut. Hal ini dikarenakan dalam UUD 1945 pasal 27 telah jelas menyatakan bahwa adanya jaminan kesamaan hak bagi seluruh warga negara Indonesia, baik laki-laki, wanita dan anak–anak dalam hak dan kewajibannya di depan hukum. Aturan ini menunjukkan secara kontekstual peran wanita dalam pembangunan  sama dengan laki-laki. 

Di dalam Pancasila dan UUD telah nyata dijelaskan bahwa setiap warga negara baik laki-laki ataupun wanita memiliki posisi yang sama dan berhak atas kontribusi dan peranan dalam mewujudkan tujuan-tujuan pembangunan serta menjadi penggerak pembangunan. 

Kesetaraan peran antara laki-laki dan wanita ini kemudian lebih dikenal dengan istilah kesetaraan gender. Namun pada kenyataannya, proses penyetaraan gender ini bukanlah perkara yang mudah. Hal ini juga berlaku di Universitas Riau yang hingga saat ini masih banyak halangan dan tantangan persamaan dan penyetaraan ini pada level manajemen institusi yang ada di Universitas Riau. Maka dari itu perlu adanya Pengarasutamaan Gender (PUG) yang bisa direalisasikan di lingkungan kerja agar kesetaraan gender bisa dijalankan di lingkungan kerja. 

Universitas Riau (UNRI) hingga saat ini belum pernah memiliki pemimpin wanita di level puncak tertinggi kepemimpinan universitas, namun di level fakultas dan program studi peran civitas akademika wanita telah terlihat dengan jelas. Pada saat ini berbagai level manajemen institusi UNRI telah diisi oleh dosen pria dan wanita kecuali rektor. Namun pemetaan peran belum terlihat dengan jelas karena belum adanya kajian tentang hal tersebut. Untuk itu tim peneliti tertarik untuk melakukan pemetaan peran civitas akademika wanita UNRI di level manajemen institusi.

Untuk mencapai hal tersebut Sri endang kornita beserta tim dari pusat studi kependudukan dan peranan wanita melakukan penelitian tentang Pemetaan Peran Civitas Akademika Wanita Universitas Riau Di Level Manajemen Institusi. Penelitian ini dilaksanakan dalam rentang waktu April sampai september 2021, yang di danai DIPA AKSI-ADB UNRI.

Setelah di lakukan pemetaan selanjutnya dilakukan strategi dalam pengembangan Peran Civitas Akademika Wanita Universitas Riau di Level Manajemen Institusi.

 

Penulis : DR. Sri Endang Kornita SE, M.Si, Ketua Pusat Studi Kependudukan dan Peranan Wanita UNRI  

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :