Bikin Bengong Amerika, China sukses kirim lagi 3 Astronot, salah satunya Perempuan

 Bikin Bengong Amerika, China sukses kirim lagi 3 Astronot, salah satunya Perempuan

RANAHRIAU.COM- Tiga awak dari misi Shenzhou XIII telah memasuki stasiun antariksa milik China, Tiangong. Mereka masuk pada Sabtu pukul 9:58 waktu setempat atau tiga jam setelah pesawat mendarat di modul. Ketiga awak yang datang adalah Mayor Jenderal Zhai higang yang merupakan komandan misi, Koloner Senior Wang Yaping dan Koloner Senior Ye Guangdu.

Mereka akan mulai perjalanan selama enam bulan atau penerbangan antariksa terpanjang dari China, dikutip dari China Daily, Minggu (17/10/2021).

Ketiga astronot itu akan melakukan berbagai tugas di stasiun antariksa yang disebut sebagai Instana Surgawi. Laporan China Daily, mereka akan melakukan dua hingga tiga spacewalk untuk memasang lengan robot kecil, memverifikasi prosedur dan teknologi utama kontrol manual serta pergerakan modul stasiun dengan bantuan lengan robot.

Wakil Direktur Badan Antariksa Berawak China, Lin Xinqiang, menambahkan mereka juga akan ditugasi menguji instrumen pendukung kehidupan dan pekerjaan astronot selama penerbangan dalam jangka panjang.

Dia menambahkan para astronot akan melakukan eksperimen ilmiah serta demo teknologi di bidang kedokteran antariksa, fisika microgravity dan bidang lainnya. Serta juga melakukan kuliah pendidikan untuk siswa yang disiarkan dari televisi.

Shenzhou XIII merupakan pesawat antariksa keempat yang pergi ke Tiangong. Namun jadi yang kedua untuk misi berawak. Misi tersebut diharapkan jadi yang terpanjang, atau menggandakan waktu tinggal mereka dari misi sebelumnya Shenzhou XII. Selain itu juga menjadi pertunjukan spacewalk pertama oleh astronaut wanita China.

Nama wanita itu adalah Wang yang menjadi astronaut kedua untuk mengambil penerbangan ke luar angkasa. Ibu dari satu anak perempuan ini pernah mengambil misi Shenzhou X bulan Juni 2013.

Pada penerbangan kali ini Wang jadi wanita China pertama yang masuk ke stasiun antariksa Tiangong. Serta juga menjadi wanita pertama yang melakukan spacewalk.

Sebagai informasi Tiangong terdiri dari tiga komponen utama, termasuk modul inti Tianhe dengan dua laboratorium. Stasiun itu diharapkan bisa beroperasi hingga 15 tahun pada orbit rendah Bumi, sekitar 400 kilometer terbang di atas Bumi.

Perkembangan dunia antariksa China memang luar biasa, bahkan sudah menyamai dunia barat termasuk AS. China sudah meluncurkan misi ke Bulan, bahkan belum lama ini sukses mengirim robot tanpa awak ke Mars.
 

Editor : Abdul
Sumber : cnbcindonesia
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :