Childrens Light sebagai solusi terbaik bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus

Childrens Light sebagai solusi terbaik bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM- KEBERADAAN Children's Light Development Center dapat menjadi wadah dan tempat untuk konsultasi serta sharing pengalaman bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Kota Pekanbaru, hal ini disampaikan oleh Datin Siska Syofiana, M.Pd saat memperkenalkan Children's Light kepada para peserta yang hadir dalam agenda Soft Opening Children's Light Development Center yang dilaksanakan di Pandau, Rabu 20/10/2021.

Anak Berkebutuhan Khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan/keluarbiasaan baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya.

Secara umum Anak Berkebutuhan Khusus adalah suatu kondisi dimana anak memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya yaitu mengalami keterbatasan/keluarbiasaan baik pada fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional.

Dalam paparannya, Datin Siska menyampaikan saat ini banyak orang tua yang tidak tahu bagaimana cara memberikan pola pendidikan yang baik kepada anak mereka yang berkebutuhan khusus, Children Development Center ini mempunyai visi menciptakan layanan pendidikan yang menghargai keanekaragaman,  memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh anak berkebutuhan khusus atau gangguan tumbuh kembang dari segala lapisan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhannya.

''Sampai saat ini, masih banyak orangtua yang merasa malu apabila anak mereka memiliki keterbatasan-keterbatsan baik fisik, psikis maupun akademik, sehingga orang tua berusaha dan menjaga agar anaknya tidak berinteraksi dengan anak lain ataupun masyarakat. Disamping itu banyak juga masyarakat yang anaknya normal akan tetapi melarang anak mereka untuk bergaul dan berinteraksi dengan anak yang memiliki keterbatasan fisik, psikis ataupun akademik. Masyarakat umum yang belum mengerti menganggap bahwa jika anak mereka berinteraksi dengan anak yang mempunyai keterbatasan fisik, psikis maupun akademik maka anak mereka akan ikut tertular, itu adalah pandangan yang kurang tepat,sikap orang tua yang demikian itu akan membuat keadaan semakin parah dan menyebabkan potensi yang dimiliki anak tidak berkembang secara optimal.'', ujarnya.

Lebih lanjut wanita yang juga beraktifitas sebagai tenaga pengajar  luar biasa di Universitas Islam Negeri ini menyampaikan ada tiga misi yang akan dijalankan dalam rangka mewujudkan lembaga ini sebagai pilihan tepat bagi orang tua diantaranya menciptakan pendidikan yang ramah anak, mewujudkan akses pendidikan yang bermutu serta serta menjadikan anak berkepribadian khusus mandiri, berinteraksi cerdas serta berkarakter'', sehingga tidak ada lagi anak yang berkebutuhan khusus mengalami tindakan diskriminatif yang jutru bisa menghambat perkembangan kepribadiannya'', tegasnya.

Soft Opening Children's Light ini selain dihadiri oleh tokoh masyarakat dan undangan dari warga setempat juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Harian LAMR Kota Pekanbaru, Dt. DR. Rizaldi Putra, Ketua DPH LAMR Kecamatan Tuah Madani Dt. Abdul Hafhiz serta Ketua DPH LAMR Kecamatan Rumbai Dt. Angga Hernanda. Dalam arahan dan Kata sambutannya Dt. Rizaldi Putra menyampaikan secara pribadi mewakili LAMR Kota Pekanbaru sangat respon dan tanggap dengan program yang dibahas dalam di lembaga ini.

''Kita memberikan apresiasi dan ruang sebesar-besarnya bagi lembaga ini untuk berkreativitas dan berkarya dalam rangka memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat, ditambah lagi program ini akan menjadi program unggulan dan khusus dari Kepengurusan LAMR Kecamatan Tuah Madani, karena Datin Siska ini juga merupakan pengurus dari lembaga tersebut tentu saja akan mendapat dukungan dari seluruh rekan-rekan pengurus LAMR dari kecamatan lain yang ada di Kota Pekanbaru'', paparnya.

Editor : Abdul
Sumber : rilis
Komentar Via Facebook :