Gelar Penanaman Mangrove di desa Mekong, LM2R sampaikan peran masyarakat dalam menjaga Negeri

Gelar Penanaman Mangrove di desa Mekong, LM2R sampaikan peran masyarakat dalam menjaga Negeri

ALAI MEKONG, RANAHRIAU.COM- Laskar Muda Melayu Riau (LM2R) gelar agenda penanaman mangrove dengan tema " Lestarikan kawasan, Majukan negeri dan sejahterakan Masyarakat" didesa Mekong kecamatan Tebing tinggi Barat, Selasa, (19/10/2021).

Acara dihadiri lebih kurang 50 an hadirin yang hadir, baik tamu undangan maupun warga setempat. Dalam sambutannya Jefrizal, selaku Ketua Umum Dewan pimpinan Pusat LM2R Menegaskan tentang Peran serta masyarakat mempertahankan negeri dari Abrasi, Gerakan Pemuda Peduli Lingkungan Hingga Kerja nyata LM2R Kawal persoalan Negeri.

Menurut Jefrizal, Kampung Bersejarah Alai/Mekong ini sejak tahun 1784, ketika Raja Siak ke VII Sulthan Syarif Ali pernah menginjak kaki dikampung ini untuk menjadikan kampung ini kampung Benteng pertahanan melawan para lanun ketiga setelah bukit batu dan Merbau jangan pernah sirna ditelan bumi, apalagi hanya karna kikisan abrasi dan Lemahnya Mental Warga untuk itu ia berharap untuk lebih lebih giat dalam membangun kampung dan hindari dari segala kegiatan yang merusak citra kampung apalagi masuk kearah menjual tanah yang kemudian dijadikan penanaman sampah oleh siapapun itu. Yang lama kelamaan Pribumi menjadi asing ditanah sendiri. ''Apalagi Adanya pencemaran lingkungan dan sejenisnya. Inikan sangat miris'', ujarnya.

Acara yang dibuka oleh Irmansyah, kepala dinas LHK Kepulauan meranti ini juga dihadiri oleh  Kepala dinas Perikanan dan Kelautan, Kapolsek Tebing tinggi barat, Organisasi Kedaerahan dan warga setempat. Dalam sambutan Kadis LHK sempat menyampaikan adanya target mendapatkan batu lonjong pemecah Gelombang sepanjang lima ratus meter dari pusat tahun 2022 dan sudah disuruh untuk masukkan Proposal dari pusat, lebih lanjut Irmansyah yang juga Plt Asisten 1 Pemda kepulauan meranti itu menjelaskan bahwa Persoalan kawasan pesisir lebih didominasi oleh kewenangan pusat, untuk itu pemda tetap optimis bangun Komunikasi agar mendapat bantuan spesial dari pusat tutupnya.

Penanaman mangrove sebanyak 500 bibit dari perusahaan EMP juga disampaikan ucapan terimakasih oleh pengurus Laskar Muda Melayu Riau (LM2R) untuk terus bermitra dan menjaga harmonisasi antara masyarakat dan para penguasa untuk saling bersinergi. (Zikri)

Editor : Abdul
Sumber : rilis
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :