Riau Siap Gelar Festival Pantai Rupat

Riau Siap Gelar Festival Pantai Rupat

PEKANBARU, RanahRiau.com - Pemerintah daerah didukung oleh Kementerian Pariwisata RI menyatakan siap untuk menggelar Festival Pantai Rupat pada 15-17 Juli 2016 di Pantai Pesona Teluk Rhu Rupat Utara di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

"Festival Pulau Rupat ini adalah agenda wisata baru yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Fahmizal Usman, di Pekanbaru, Selasa.

Fahmizal menjelaskan, pihaknya mendorong agar agenda wisata itu bisa mendapat respon yang besar melalui promosi secara digital di berbagai media. Selain itu, ia mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga sudah merespon Festival Pantai Rupat dengan memberikan bantuan untuk penyelenggaraannya.

"Kita berharap acara ini juga menyedot banyak wisatawan dari Malaysia karena jaraknya cukup dekat ke Pulau Rupat," ujarnya.

Festival Pulau Rupat akan diisi dengan berbagai hiburan, yang paling unik adalah penampilan Zapin Api. Seni tari ini merupakan budaya khas daerah yang mulai langka, yakni berupa penari menggelar penampilannya di atas bara api.

Rangkaian acara lainnya yang menarik adalah lomba mencari kerang kepah, panjat pinang di pantai, lomba selancar angin, dan lomba perahu pancung. Selain itu, akan ada juga atraksi parade perahu hias, jalan santai di tepi pantai dan atraksi seni budaya lokal.

Menurut dia, fasilitas penginapan di Rupat Utara juga mulai banyak untuk melayani wisatawan. Hingga kini tercatat ada 20 penginapan "homestay" yang sudah mendapat label dari dinas pariwisata, tujuh wisma dan satu hotel nonbintang. 

Ia menjelaskan, untuk menuju Pantai Rupat Utara bisa melalui Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. Dari pelabuhan Dumai sudah ada layanan penyebrangan kapal Roro yang beroperasi hingga pukul 02.00 WIB setiap hari menuju Pelabuhan Tanjung Medang.

Dari Pelabuhan Tanjung Medang, wisatawan menempuh perjalanan darat sekitar dua jam ke lokasi acara. "Wisatawan dari Malaysia bisa menggunakan kapal ke Pelabuhan Dumai dari Malaka. Beberapa operator travel sudah mulai menawarkan paket wisata ke sana," ujarnya.(Ant)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :