Mahasiswa KKN Balek kampung Unri manfaatkan mangrove jadi makanan

Mahasiswa KKN Balek kampung Unri manfaatkan mangrove jadi makanan

SUNGAI APIT, RANAHRIAU. COM- Salah satu program kerja unggulan kelompok kkn balek kampung Universitas Riau tahun 2021 yang bertepatan di Kampung Kayu Ara Permai Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak adalah pemanfaatan tumbuhan mangrove mnjadi bahan makanan.

Kampung kayu ara permai merupakan salah satu kampung yang memiliki ekowisata manggrove yang bernama manggrove sungai bersejarah, yang mana di ekowisata ini terdapat berbagai macam jenis mangrove. Namun pemanfaatan tumbuhan mangrove ini masih kurang maksimal. Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN balek kampung mengadakan pelatihan pembuatan makanan dari tumbuhan mangrove.

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 17 Juli 2021, bertempatan di aula ekowisata mangrove kampung kayu ara permai, siak. Dalam acara ini juga mengundang Penghulu Kampung kayu Ara permai.

Adapun peserta dari kegiatan ini adalah anggota Kelompok Konservasi Laskar Mandiri dan ibu-ibu PKK Kampung Kayu Ara Permai. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan serta keterampilan kepada anggota Kelompok Konservasi Laskar Mandi dan Ibu PKK kampung kayu ara permai bahwasanya tumbuhan mangrove ini dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang bisa dijadikan makanan khas dari kampung kayu ara permai.

Adapun tumbuhan mangrove yang dapat diolah yaitu buah api-api, buah pedada, dan daun jeruju. makanan yang dapat dibuat yaitu Bolu api-api, keripik daun jeruju, selai pedada, klepon api-api, dan sirup pedada.

Mahasiswa kkn balek kampung berharap, “ supaya ibu-ibu pkk dan Kelompok Konservasi laskar mandiri Kampung Kayu Ara Permai dapat meneruskan membuat makanan tersebut agar menjadi tambahan penghasil bagi mereka.

 

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :