Didampingi Bupati Wardan, Gubri Tanam Bibit Mangrove di Pantai Terumbu Mabloe

Didampingi Bupati Wardan, Gubri Tanam Bibit Mangrove di Pantai Terumbu Mabloe

Gubernur Riau H.Syamsuar didampingi Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Muhammad Wardan, Ketua DPRD Ferryandi Serta Unsur Forkopimda

INDRAGIRI HILIR, RANAHRIAU.COM - Datuk Sri Setia Amanah atau Gubernur Riau H.Syamsuar didampingi Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Muhammad Wardan, Ketua DPRD Ferryandi serta unsur Forkopimda lainnya melakukan peninjauan, sekaligus penanaman bibit pohon mangrove perdana secara simbolis dikawasan wisata Pantai Terumbu Mabloe, Kuindra, Rabu (14/7/2021) Sore.

Sebelum melakukan penanaman bibit mangrove, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPDASHL Inrok KLHK) Irpana Nur S.Hut.MSc, Mengatakan bahwa harapan dari program tersebut agar terjadi siklus ekonomi yang mumpuni bagi masyarakat sekitar.

"Diharapkan dengan program ini terjadi siklus ekonomi, dan insya Allah khusus untuk Indragiri Hilir ini uang yang masuk untuk program tersebut sekitar 26 milyar kepada kelompok masyarakat. Untuk di Sungai bela ada dua kelompok tani yang akan melaksanakan serta merawat ekosistem yang ada disini," Jelas Kepala DPDASHL Inrok KLHK.

Lebih lanjut, Irpan berharap agar program tersebut didukung oleh pemerintah daerah hingga berhasil demi pemulihan ekonomi nasional.

"Mohon dukungannya, mudah-mudahan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan berhasil baik secara ekologi pemulihan lingkungan maupun pemulihan ekonomi nasional," Harap Irpana.

Ditempat yang sama, Gubernur Riau Syamsuar saat didampingi Bupati HM.Wardan, Ketua DPRD Inhil Ferryandi serta unsur Forkopimda, mengatakan bahwa di Daerah Riau pesisir sering terjadi abrasi akibat gelombang air pasang surut.

"Dan kami sudah memaklumi bahwa program ini adalah untuk menjaga dari terjadinya abrasi, karena di Riau ini banyak sekali daerah pesisir kita yang abrasi disebabkan oleh gelombang dan sebagainya sehingga manggrove seri menjadi rusak," Kata Gubernur Riau Syamsuar.

Orang nomor satu di Riau tersebut juga mengaku bahagia sekali setelah mendengar penjelasan dari Kepala BPDSHL Inrok KLHK terkait adanya bantuan langsung yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Inhil.

"Saya bahagia sekali, apalagi ini adalah untuk memulihkan ekosistem mangrove di Kabupaten Inhil, sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional. Mudahan melalui adanya program ini, situasi Pandemi Covid19 hari ini bisa membantu pemulihan ekonomi masyarakat yang senang menanam mangrove," ujar Syamsuar selaku Gubernur Riau di Kawasan Pantai Terumbu Mabloe, Sungai Bela, Kuindra, Rabu (14/7/2021) sore.

Terkahir, Gubernur Riau berpesan kepada para Kelompok Tani agar menjaga apa yang telah ditanam.

"Tolong kepada kelompok yang dipercaya pemerintah agar dijaga sekaligus dipelihara tanaman ini, mudahan suatu saat kami hadir lagi dengan suatu keindahan yang lebih lagi dari hari ini," Akhiri Syamsuar.

Usai memberikan sambutan, Gubernur Riau berserta Bupati dan unsur Forkopimda melakukan penanaman mangrove secara simbolis dan diikuti dengan peninjauan hasil ekosistem yang ada di kawasan Pantai Terumbu Mabloe. 

Adapun jenis hasil ekosistem yang bisa ditawarkan yakni berupa, udang nenek, sinting, kerang besar, siput, ikan laut dan jenis-jenis hasil ekosistem lainnya.

 

Penulis : Syaiful

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :