Komisi I DPRD Bengkalis Gelar Rapat Bersama OPD Terkait Pemekaran Kecamatan, Kelurahan dan Desa

Komisi I DPRD Bengkalis Gelar Rapat Bersama OPD Terkait Pemekaran Kecamatan, Kelurahan dan Desa

BENGKALIS, RANAHRIAU.COM - Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Bengkalis kembali melaksanakan rapat bersama OPD terkait kajian strategis dan naskah akademik pemekaran Kecamatan/Kelurahan dan Desa. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Bapemperda Sanusi, di Kantor DPRD Bengkalis, Jalan Antara, Senin (18/1/2021).

Sanusi, SH., MH selaku Ketua Bapemperda di dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa, rapat ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan minggu lalu terkait pemekaran kecamatan/kelurahan dan desa.

Dikesempatan ini juga, wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Syahrial yang turut hadir dalam rapat, memberi saran kepada pihak Bapemperda dan OPD terkait supaya dengan adanya pemekaran kecamatan kelurahan dan desa ini dapat berjalan dengan lancar dan perlu adanya pertimbangan baik itu secara teknis maupun dari segi pertanggungjawaban supaya tidak terjadi permasalahan kedepannya.

Kemudian Wakil Ketua Bapemperda Hendri juga menyampaikan bahwa rapat sebelumnya telah disampaikan terkait dengan kajian naskah pemekaran kecamatan kelurahan dan desa. Dengan pertemuan ini kita dapat membantu masyarakat yang telah mengusulkan pemekaran kecamatan kelurahan dan desa untuk menyiapkan kajiannya yang belum terpenuhi dan sesuai dengan aturan yang berlaku dan juga merupakan hak inisiatif dewan serta naskah akademiknya agar disiapkan bersama OPD Bersangkutan.

 

Dari segi peraturan perundang-undangan untuk pemekaran Kecamaan dan Kelurahan tersebut kita tetap mengikuti alur sebagaimana yang tertuang dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dan PP No.17 Tahun 2018 tentang Kecamatan

Kajian akademis tersebut sangat perlu dan penting, karena hasil kajian nantinya dapat dijadikan dasar yang kuat untuk melakukan pembentukan kecamatan. Karena selain didukung oleh aspek peraturan perundang-undangan, kajian ini juga didukung oleh konsep teoritis.

Pihak PMD menyampaikan bahwa PMD sudah menyusun dan menerima usulan yang telah disampaikan oleh masyarakat setiap desa yang akan dilakukan pemekaran kecamatan kelurahan dan desa, serta ada beberapa desa yang belum bisa dilakukan pemekaran karena persyaratannya belum terpenuhi.

 

Anggota Bapemperda lainnya mengatakan setiap daerah yang jumlah penduduknya padat perlu dilakukan pemekaran, salah satunya seperti di daerah Rupat sesuai dengan anggaran dan syarat pemekaran kecamatan, kelurahan dan desa. Dan terkait dengan tapal batas setiap daerah harus segera diselesaikan karena sudah lama. Sesuai dengan usulan yang disampaikan oleh pihak Bapemperda dan komisi I bahwa setiap daerah akan melakukan rapat bersama tokoh masyarakat, kepala desa dan pihak lainnya yang bersangkutan dengan pemekaran ini supaya tidak terjadi kesalah pahaman di mata masyarakat.

 

Pada rapat Bapemperda ini, seluruh OPD turut hadir terkait akan dilakukan pemekaran

Ini sudah menjadi pembahasan dan keinginan bersama sebelumnya sebagai sebuah program strategis pemerintah Kabupaten Bengkalis, program strategis ini mendapat dukungan sepenuhnya dari masyarakat serta jajaran pemerintah daerah

 

Diakhir pertemuan Sanusi mengatakan pemekaran ini diprioritaskan merupakan  dikategorikan wajib dan memberi manfaat langsung kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis.

 

Melakukan pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan konsepsi pemekaran Kecamatan, kelurahan dan desa yang memberikan perkembangan perekonomian masyarakat Bengkalis.

 

 

 

 

 

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :