Tim Verifikasi KKS 2020 Riau Lakukan Penilaian Program Kabupaten Sehat di Inhil

Tim Verifikasi KKS 2020 Riau Lakukan Penilaian Program Kabupaten Sehat di Inhil

INDRAGIRI HILIR, RANAHRIAU.COM- Ketua Kabupaten Sehat Indragiri Hilir (Inhil), Hj.Zulaikhah Wardan SSos ME bersama kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDA) Inhil, Muhtar T didampingi beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyambut kedatangan Tim Verifikasi Lapangan Program Kabupaten Sehat, Selasa (17/11/2020).

Selanjutnya tim verifikasi langsung menggelar pertemuan di Ruang Rapat Bappeda Inhil Jalan Akasia No 1 Tembilahan.

Dalam pertemuan tersebut, Hj Zulaikhah Wardan menyampaikan apresiasi atas kedatangan tim verifikasi di Kabupaten Inhil yang bertujuan meninjau langsung kondisi real daerah sasaran program Kabupaten Sehat di Indragiri Hilir.

Zulaikah Wardan menjelaskan meski program Kabupaten Sehat di Kabupaten Inhil baru tahun ini di ikut sertakan namun sedikit banyak telah menunjukkan hasil, dimana terdapat perubahan pola hidup masyarakat menuju penerapan PHBS di beberapa kecamatan dan desa sasaran program.

Dalam penerapannya, Program Kabupaten Sehat tidak terlepas dari perhatian semua pihak dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan baik dilingkungan rumah tinggal maupun lingkungan masyarakat, dalam menciptakan kebersihan, kondisi asri dan nyaman.

"Semoga dengan kedatangan tim Verifikasi ini, masyarakat dapat terus ditingkatkan kesadarannya dalam mendukung terciptanya Kabupaten Sehat yang akan melibatkan semua pihak, baik pemerintah, maupun masyarakat," harap Zulaikhah Wardan

Pada kesempatan yang sama Kepala Bappeda Inhil, Muhtar T menjelaskan bahwa untuk tahun ini, penerapan program kerja dan bidang penilaian yang difokuskan berdasarkan kesepakatan, terdapat dua kategori penilaian yang diikuti Kabupaten Inhil, yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum yang sehat dan kategori Kehidupan Masyarakat yang sehat dan mandiri.

"Seperti dikatakan ketua Tim KKS Kabupaten Inhil tadi, karena kami baru tentu masih banyak jekurangan disana sini, namun demikian jika dilihat dari hasilnya memang sudah nampak ada perkembangan untuk menuju tatanan hidup yang lebih baik dan lebiih sehat," ujarnya.

Usai melakukan pertemuan di Bappeda Inhil, Tim Verifikasi Provinsi langsung turun ke lapangan, ada beberapa tempat yang mereka kunjungi. Diantaranya taman kota, Sekretariat KKS kabupaten, Puskesmas Tembilahan Hulu, Sekretariat KKS Kecamatan Tembilahan Hulu, Desa Pekan Kamis yang menjadi salah satu lokus program KKS, dan beberapa lokasi lainnya yang menjadi penilain tim.

Editor : Syaiful
Komentar Via Facebook :