Jabatan Belum Berakhir

Pelantikan Kepala Daerah Rohil Terpilih Digelar Juni

Pelantikan Kepala Daerah Rohil Terpilih Digelar Juni

ilustrasi

ROKANHILIR, RanahRiau.com - Jadwal Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Rohil terpilih H. Suyatno dan Jamiludin diagendakan pada Juni nanti, hal tersebut sesuai dengan masa jabatan kepemimpinan Bupati saat ini berakhir hingga 8 Juni 2016.

"Perlu kita informasikan bahwa pelantikan Bupati dan Wakil Bupati sesuai instruksi Mendagri akan disesuaikan dengan akhir masa jabatan. Untuk di Rohil Digelar Juni mendatang," kata Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan, Kamis.

Diakuinya, pelantikan Bupati/Walikota memang diagendakan akan dilakukan serentak di Istana Negara, namun tidak sesuai dengan undang-undang.

Begitu juga rencana pelantikan pada Februari ini hanya Bupati dan Wakil Bupati yang habis masa jabatannya.

"Untuk kabupaten/ kota di Provinsi Riau yang pasti Februari ini adalah Kabupaten Meranti, Bengkalis, dan Kota Dumai," ujar Surya Arfan.

Sementara itu, untuk Kabupaten lainnya masih menunggu masa jabatannya habis salah satunya Kabupaten Rokan Hilir.

"Itupun tidak serentak, karena masa jabatan berakhir ditanggal yang berbeda," katanya.

Selain itu, juga muncul informasi ditengah masyarakat bahwa pelantikan dipercepat serentak kabupaten/ kota di Riau, sehingga menimbulkan pro dan kontra.

Pasalnya, banyak pasangan calon yang tidak kembali memimpin, namun masa jabatannya masih tersisa.

"Kalau diserentakkan, ada rencana mau dibayarkan tunjangan dan gajinya sampai masa jabatan. Tapi ini bukan soal gaji, namun masalah wewenang yang tersisa yang tertuang didalam undang-undang," jelas Sekda.

Oleh karena itu, Sekda mengingatkan berbagai perkembangan nantinya akan diinformasikan, namun hingga saat ini bahwa untuk Rokan Hilir masih sesuai dengan akhir masa jabatan. (Adv)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :