Pengabdian masyarakat

Dosen Jurusan Bahasa Polbeng Sosialisasikan Poster Covid 19

Dosen Jurusan Bahasa Polbeng Sosialisasikan Poster Covid 19

BENGKALIS, RANAHRIAU.COM- Meski ditengah pandemi covid-19, Dosen Jurusan Bahasa Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) tidak tinggal diam. Mereka tetap berupaya melaksanakan salah satu kewajiban mereka sebagai dosen, yakni mengabdi pada masyarakat. 

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Sosialisasi Sadar Covid-19 melalui Poster Berbahasa Melayu Bengkalis” ini telah dilaksanakan oleh dosen beserta beberapa orang  mahasiswa Jurusan Bahasa Polbeng pada hari Senin, (22/06/2020) sekitar pukul 16.00 WIB bertempat di Kantor Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. 

Kegiatan sosialisasi dan pembagian poster bertema protokol covid-19 ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Pangkalanbatang serta didampingi oleh Ketua BPD dan beberapa orang Ketua RT Desa Pangkalan Batang. 

Dalam sambutannya, ketua tim pelaksana kegiatan, M.Sabri, S.Pd, M. Par, menyampaikan Sebagian masyarakat masih keliru dalam menyikapi New Normal. "Mereka memaknai normal baru ini sebagai ‘Kembali Bebas’, sehingga mereka mulai mengabaikan protokol kesehatan. Sementara penyebaran pandemi ini masih terus berlangsung bahkan makin signifikan peningkatannya. Harapan kita poster ini bisa membantu masyarakat untuk tetap sadar dan waspada akan bahaya covid-19”, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Arita Destianingsih, M.Pd selaku anggota tim selanjutnya mengungkapkan: “Biasanya untuk kegiatan pengabdian masyarakat ini, kami memberikan pelatihan, kursus atau pendampingan bagi masyarakat, namun pada situasi pandemi ini, ruang gerak kami tentu agak terbatas, tidak mungkin mengumpulkan orang. Jadi, kami memilih membantu menyadarkan masyarakat akan bahaya covid melalui poster ini”, ungkapnya.

Hal yang menarik dari poster protokol covid-19 yang sosialisasikan ke masyarakat ini adalah dimana poster tersebut menggunakan Bahasa Melayu Bengkalis. Hal ini sengaja dibuat oleh tim dengan harapan poster tersebut terkesan lebih santai dan lebih mudah dipahami oleh masyarakat desa, sebagaimana yang diungkapkan oleh Ketua Tim, “Sengaja kita buat dalam versi Bahasa Melayu Bengkalis agar terkesan lebih santai, tidak menakutkan. Dan tentu agar lebih dekat dihati  masyarakat Bengkalis”.

Kegiatan ini diakhiri dengan penempelan poster protokol covid-19 secara simbolis pada Kantor BPD Desa Pangkalan Batang dan diikuti penyerahan poster kepada Kepala Desa serta pembagian poster kepada para ketua RT dan masyarakat.
 

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :