KKN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Mengajar Mengaji dari Rumah-kerumah selama Pandemi

Mengajar Mengaji dari Rumah-kerumah selama Pandemi

BATAM, RANAHRIAU.COM- Salah satu dampak dari wabah covid-19 yang saat ini tengah berada di masyarakat, yaitu tutupnya tempat-tempat umum seperti sekolah dan masjid. Dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN), Dwi Angraini Putri salah satu Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh, dengan bantuan dan bimbingan DPL DR. Muhammad Hatta S.H., L.LM membuat sebuah program kerja yaitu mengajar mengaji dari rumah-kerumah.

Kegiatan mengajar mengaji dari rumah-kerumah di lakukan oleh Dwi untuk membantu para santriwan dan santriwati tetap mendapatkan pembelajaraan keagamaan walau hanya di rumah.

Kegiatan ini dilakukan di salah satu Taman Pembelajaran Al-qur’an (TPA) Baitussalam yang berlokasi di Kavling Sagulung Baru Asri RW 017, Kelurahan Sungai Binti, Kecamatan Sagulung. Hanya saja kegiatan mengaji yang tadinya dilakukan di lingkungan TPA Baitussalam dialihkan menjadi dari rumah-kerumah.

“alhamdulilah anak-anak masih tetap bisa mengaji pada saat di liburkan seperti ini, tidak perlu keluar rumah, gurunya langsung datang ke rumah, jadi kita para orang tua tidak khawatir” ujar Sumiati salah satu orang tua santri.

Tidak hanya orang tua, antusias santriwan dan santriwati juga terlihat saat dwi mendatangi rumah-rumah mereka.

Kegiatan mengaji dari rumah-kerumah ini berlangsung setiap hari senin, selasa dan rabu, selama masa KKN berlangsung.

Dengan adanya kegiatan ini Dwi berharap para santriwan dan santriwati TPA Baitussalam tetap bisa mendapat pendidikan keagaaman walau hanya di rumah meskipun terdapat keterbatasan waktu dan kegiatan.

“Walaupun kegiatan KKN saya nantinya akan berakhir semoga saja kegiatan mengajar mengaji dari rumah-kerumah ini tetap dapat bisa dilanjutkan oleh remaja-remaja masjid Baitussalam, sangat disayangkan jika para santriwan dan santriwati harus berhenti mendapat pembelajaraan keagamaan dampak dari tutupnya tempat mengaji” ujar dwi.
 

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :