Dampak Pengurangan DBH

Anggaran Kegiatan SKPD di Bengkalis Akan Dirasionalisasi

Anggaran Kegiatan SKPD di Bengkalis Akan Dirasionalisasi

BENGKALIS, RanahRiau.com - Karena anjloknya harga minyak mentah dunia, pada tahun 2016 ini, Dana Bagi Hasil (DBH) Minyak dan gas (Migas) yang bakal diterima Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, akan berkurang.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri  menyebutkan, berkurangnya DBH yang bakal diterima itu berdampak pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis pada tahun 2016 ini, APBD kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini diperkirakan mengalami defisit sekitar Rp 250 miliar.

Guna menutup defisif tersebut katanya anggaran kegiatan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada tahun 2016 akan dirasionalisasi dari yang telah disahkan sebelumnya.

"Misalnya di Bagian Humas, dari total dana kegiatan yang dianggarkan dalam APBD Bengkalis 2016 sekitar  Rp 17 miliar  akan dirasionalisasi sekitar Rp 3,5 miliar menjadi Rp 13,5 miliar," ujar Johan.

Ia membenarkan jika hingga saat ini kegiatan tahun anggaran 2016 belum terlaksana.

Menurutnya, APBD murni tahun 2016 memang telah disah DPRD Bengkalis pada Rabu, 16 Desember 2015 lalu. namun, katanya lagi, pengesahan oleh wakil rakyat itu bukan berarti kegiatan dalam APBD itu bisa langsung dieksekusi pihak eksekutif.

"Sesuai ketentuan, masih ada mekanisme atau tahapan-tahapan yang harus dilalui. Misalnya harus dievaluasi atau diverifikasi terlebih dahulu oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Kemudian, hasil verifikasi itu juga harus dibahas bersama antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD," ujar Johan.

Ia menjelaskan, salah satu tahapan yang menyebabkan sehingga APBD Bengkalis tahun 2016 belum bisa dilaksanakan Pemkab Bengkalis karena belum dilakukannya pembahasan bersama antara TAPD dan Banggar DPRD untuk menindaklanjuti hasil verifikasi dari Pemprov Riau.

"Informasi yang kita terima, pembahasan bersama antara TAPD dan Banggar DPRD untuk menindaklanjuti hasil verifikasi dari Pemprov Riau tersebut baru akan dilaksanakan hari ini, Selasa (2/2). Itu pun kalau tidak ada perubahan," katanya menjelaskan. (Rtc)

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :