Gagal Lelang pada 2015

250 Ekor Sapi Australia akan Disalurkan ke Kuansing Tahun Ini

250 Ekor Sapi Australia akan Disalurkan ke Kuansing Tahun Ini

TELUKKUANTAN, RanahRiau.com - Pemerintah pusat akan menyalurkan bantuan 250 ekor sapi untuk masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada tahun ini. Bantuan tersebut seharusnya disalurkan pada tahun 2015 lalu.

"Namun, karena kementerian gagal melakukan lelang, makanya akan disalurkan pada tahun ini," ujar Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kuansing, Marhulama Pontas kepada GoRiau.com beberapa hari lalu.

Dikatakan Pontas, peternak Kuansing sudah siap untuk menerima bantuan tersebut. Sebab, seluruh kelompok calon penerima bantuan sudah siap untuk menerimanya.

"Semua sudah diberi pelatihan bagaimana merawat sapi bantuan ini, tahun lalu sudah kita bawa ke Balai Peternakan Padang Mengatas Sumbar. Sehingga, peternak di Kuansing bisa membudidayakan sapi," ujar Pontas.

Tidak hanya itu, Pemkab Kuansing melalui Disnak telah memberikan bantuan kandang kepada calon penerima sapi.

"Sapi yang akan diterima itu jenis sapi Australia, bukan sapi lokal. Sehingga, dalam budidayanya harus secara bersama-sama, jangan dipisah-pisah," ujar Pontas.

Nantinya, lanjut dia, petani yang membudidayakan sapi Australia akan mendapat bantuan pakan.

Menurut Pontas, Kuansing merupakan daerah yang sangat potensial dalam budidaya sapi. Sebab, ketersediaan Sumber Daya Alam (SDA) cukup, terutama rumput.

"Umumnya Kuansing ini daerah perkebunan dan sangat memungkinkan jika dilakukan budidaya sapi," pungkas Pontas. (Grc)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :