Pilkades Serentak

Calon Kades di Rohil Wajib Bisa Baca Alquran

Calon Kades di Rohil Wajib Bisa Baca Alquran

BAGANSIAPIAPI, RanahRiau.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengusulkan kepada Pemkab Rohil untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang digelar serentak pada tanggal 30 Juni mendatang setiap calon harus pandai mengaji atau membaca Alquran.

 Karena pemimpin desa harus tahu dengan ilmu keagamaan, sehingga nantinya bisa melakukan pembimbingan terhadap masyarakatnya.

"Kita telah usulkan kepada Bupati Rohil agar membaca Alquran itu dimasukkan sebagai salah satu syarat untuk mencalon sebagai Datuk Pengulu. Usulan yang kita sampaikan sangat direspon oleh Bupati Suyatno dengan baik, "kata ketua MUI Rohil, Drs H Wan Achmad Syaiful Msi, Senin (25/1/16) di Bagansiapiapi.

Menurut Wan, mengaji atau membaca Alquran sangat penting diketahui oleh calon yang ingin menjadi pemimpin desa, karena pemimpin desa itu merupakan pemimpin yang nantinya membimbing masyarakatnya.

"Bagi calon yang tidak bisa mengaji, maka dirinya meminta calon tersebut digugurkan dari pencalonannya, "pintanya.

Mantan Kadispenda Rohil ini juga menyampaikan persyaratan itu hanya berlaku bagi calon yang beragama Islam. Syarat ini kita ajukan agar masyArakat yang berdomisili di pedasaan tahu dengan ilmu keagamaan dan menjadikannya sebagai pegangan.

Kondisi saat ini menurut Wan masih banyak masyarakat miskin di pedesaan yang perlu peran serta dari kepala desa dalam melakukan pembinaan.

"Kemiskinan mendekatkan manusia dengan kekufuran, jadi jika kepala desanya bisa membimbing tentu saja hal ini tidak perlu terjadi, "kata Wan Syaiful.

Sebelumnya Bupati Rohil H Suyatno Amp juga sangat merespon baik dan setuju atas usulan yang diajukan oleh pihak MUI Rohil.

"Ini sebuah masukan yang sangat positif, kita akan pertimbangkan untuk menerapkannya sebagai salah satu syarat untuk pencalonan, "ujarnya Suyatno. (Hrc)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :