*Intsiawati Ayus Apresiasi Kesiapan Para Penyelenggara

Komite I DPD RI Pantau Jalannya Proses Pilkada Serentak di Riau

Komite I DPD RI Pantau Jalannya Proses Pilkada Serentak di Riau

RIAU, RanahRiau.com - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD/MPR) RI Dapil Riau, Intsiawati Ayus SH MH, melakukan pengawasan sekaligus peninjauan langsung terhadap jalannya proses Pilkada serentak tahun 2015, yang dihelat dari 8 Kabupaten dan 1 Kota se-Provinsi Riau.
 
Peninjauan ini turut memantau kesiapan seluruh Stakeholder. Mulai dari pihak penyelenggara, pengawas, pengaman, hingga memantau langsung proses Pilkada serentak itu sendiri.
 
Diawali dengan berkunujung ke kantor Desk (Dukungan Elemen Satuan Kerja) Pilkada, yang dibawah naungan Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Riau, Selasa (8/12/15) Intsiawati Ayus menyaksikan rencana kerja yang sudah disusun untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Daerah, sejak sebelum, saat, dan sesudah berlangsungnya Pilkada serentak di Riau.
 
 
(ket foto : Intsiawati Ayus (tengah) saat mengunjungi Desk Pilkada Riau

Seperti persiapan logistik, antisipasi bencana alam dan menyikapi permasalahan Pilkada di Daerah terisolir. Sehingga terwujudnya tujuan utama, agar bagaimana menciptakan suasana yang kondusif dalam ajang pesta demokrasi.

Kunjungan selanjutnya, Senator Riau tersebut menyambangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau. Kesiapan KPU Riau, dinilai elemen yang penting untuk proses Pilkada. Ketua KPU Riau, Nurhaimin, menjelaskan beberapa poin-poin penting, bahkan antisipasi terjadinya permasalahan tekhis dilapangan.
 
 (ket foto : Intsiawati Ayus (tengah) saat mengunjungi Kantor KPU Riau
 
Setelah itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau, menjadi tujuan selanjutnya. Didampingi Ketua Bawaslu Riau, Edy Syarifuddin, pihaknya memastikan seluruh rangkain tekhnis pengawasan mulai dari pengaduan, temuan adanya pelanggaran, sudah dipersiapkan untuk ditindaklanjuti.

Kunjungan lainnya, Intsiawati menyambangi markas Polda Riau. Menurut Wakapolda Riau, personel dilapangan sudah disiagakan sejak awal pendistribusian logistik Pilkada. Selain itu, dari pengamatan pihak Kepolisian, beberapa wilayah yang menyelenggarakan Pilkada serentak sangat rawan terhadap konflik.

Umumnya di wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi tetangga, serta adanya pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang sengaja diorganisir untuk mengganggu jalannya Pilkada itu sendiri. Maka titik-titik rawan tersebut harus mendapatkan pengawalan yang ekstra dari pihak Polres maupun Polda Riau.

Tidak berhenti di Kepolisian saja. Intsiawati merasa perlu melihat kesiapan dari pihak Intelejen kemanan itu sendiri, yakni dengan mengunjungi Badan Intelejen Daerah (BINDA) Riau. Dari perbincangan bersama Kepala BINDA Riau, Pilkada serentak tahun ini berlangsung cukup krusial.

Pasalnya, selain Pasangan Calon (Paslon) yang bertarung mayoritas merupakan Incumben, sehingga situasi politik sangat sengit ditiap-tiap Daerah, juga waktu penyelenggaraan yang dilakukan bersamaan. Tentu mengharuskan pemantauan Intelejen yang tinggi, atas indikasi maupun unsur terjadinya konflik mesti dipantau jauh-jauh hari sebelum waktu pencoblosan dimulai.

Dihari pemilihan (9/12/2015) Intsiawati Ayus bertolak ke Kabupaten Pelalawan. Samahalnya di Pekanbaru, peninjauan kesiapan Pilkada dimulai dari KPU setempat.
 
Seluruh logistik dilaprokan sudah tersebar di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS). Terkait pengamanan, KPU Kabupaten Pelalawan telah berkoordinasi dengan Polres melalui masing-masing Polsek, serta dibantu petugas pelindung masyarakat (Linmas).

Iin sapaan akrab Intsiawati Ayus juga mendatangi masing-masing Calon Kepala Daerah di Kabupaten Pelalawan. Seperti Incumben Harris dari Cabup nomor urut satu. Ia mendengar langsung laporan atas kesiapan Pemkab Pelalawan sendiri, selaku salah satu pihak yang turut mensukseskan jalannya Pilkada.

Kunjungan terakhir, yakni mendatangi Cabup Pelalawan nomor urut dua yakni Zukri Misran. Disini, Intsiawati memastikan agar kubu Zukri juga harus menjaga situasi Pilkada agar tetap berjalan dengan kondusif.

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :