Fitra Riau Sebut Kongres HMI Tak Layak Dibiayai Uang Rakyat Rp3 Miliar

Fitra Riau Sebut Kongres HMI Tak Layak Dibiayai Uang Rakyat Rp3 Miliar

PEKANBARU,RanahRiau.com - Kritis pedas tertuju pada Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang bakal menggelar Kongres Nasional di Pekanbaru, selama enam hari.

Salah satu kritik itu diungkapkan Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, Usman, Kamis (19/11/15), Usman meyebut, tidak layak acara kongres yang notabene acara internal organisasi dibiayai oleh uang rakyat.

"Tidak wajar. Tidak layak kagiatan itu dibiayai uang APBD. Bukan hanya HMI, apapun organisasinya kalau itu untuk kepentingan kongres. Itu kan internal mereka. Apalagi ini acaranya gawe-an nasional,'' tuturnya.

Usman, menambahkan tidak wajarnya lagi, acara yang hanya 6 hari harus menghabiskan biaya sampai Rp3 miliar. Itu baru bersumber dari APBD, masih ada sumber sumber lain, yang bisa jadi dari APBN juga.

"Oke lah, kalau ini sudah terlanjur dianggarkan. Sekarang berani tidak HMI atau Pemprov Riau yang telah menyetujui bantuan untuk Kongres tadi secara terbuka mengumumkan ke publik terkait proposal mereka," tantangnya.

Yang membuat luka masyarakat Riau, ternyata kucuran APBD Riau 2015 untuk Kongres HMI lebih besar dari biaya untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Bila untuk keperluan pencegahan bencana kabut asap itu hanya dialokasikan dana sebesar Rp1,4 miliar, untuk Kongres Nasional HMI malah sebesar Rp3 miliar. (Rtc)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :