Peringatan Sumpah Pemuda, Mahasiswa Grudukan Kantor Gubri

Peringatan Sumpah Pemuda, Mahasiswa Grudukan Kantor Gubri

PEKANBARU, RanahRiau.com - Hari Sumpah Pemuda pada tahun ini, diperingati oleh Ribuan mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim II (Suska) dengan menduduki Kantor Gubernur Riau. Aksi ini merupakan rangkaian dari tuntutan kepada Pemerintah Pusat dan Daerah untuk serius dalam menangani persoalan kabut asap.

Sesampai di halaman upacara, sejumlah mahasiswa sempat menurunkan bendera merah putih menjadi setengah tiang. 

Namun aparat ratusan Kepolisian yang telah bersiaga cukup sigap. Berselang beberapa saat, bendera merah putih itu pun kembali dinaikkan. 

Uniknya, gerakan aksi yang diikuti seluruh fakultas di UIN yang dulu bernama Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Susqa dipimpin dosen Elvriadi yang juga mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). 

Setelah cukup lama berorasi di halaman kantor gubernur, para mahasiswa sempat ingin ditemui utusan Pemprov, Asisten II mewakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi yang saat ini sedang menghadiri acara. Namun para mahasiswa kompak menolak dengan lantang.

Namun setelah aksi menyuarakan tuntutan dari perwakilan Mahasiswa, Akhirnya Pleaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjulliandi Rachman menemui para pendemo, yang sudah bertahan hingga sore hari.

"Semua tuntutan yang disampaikan sudah terlaksana. Tadi juga saya sempat telekomprens dengan Menkopolhukam, makanya agak lama datang kesini," ujar Andi.

Usai berdialog, ribuan mahasiswa mulai membubarkan diri, dengan tetap dijaga ketat oleh personil Polda Riau yang dibantu Satpol PP Riau. (***)

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :