Sepekan Jelang Idul Adha, Sembako di Pekanbaru Stabil

Sepekan Jelang Idul Adha, Sembako di Pekanbaru Stabil

PEKANBARU, RanahRiau.com - Jelang hari raya Idul Adha 1436 hijriah, harga-harga sembako di Pekanbaru cenderung turun. Fenomena tersebut terlihat seperti pada harga daging ayam potong dan cabe merah.

Dari data Dinas Perinduatrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, ayam potong yang sempat Rp25 ribu per kg, kini Rp18 ribu per kg. Sedangkan cabe merah asal medan dari Rp 5 ribu turun jadi Rp20 ribu per kg.

Lalu bawang merah Rp18 ribu per kg, bawang putih Rp22 ribu per kg , cabe rawit Rp40 ribu atau masing-masing sudah mengalami penurunan Rp2000.

Sedangkan daging sapi masih bertahan dikisaran harga Rp110 ribu per kg. Telur ayam potong Rp 300 per butir, gula pasir Rp12 ribu per kg, dan ikan tongkol Rp33 ribu/kg.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Mas Irba menyebutkan jelang Idul Adha tren harga sembako memang turun. 

"Yang kita pantau rata-rata stabil dan banyak turun seperti komoditi sayur mayur dan daging ayam," katanya.

Irba katakan kondisi ini tidak terlepas dari cukupnya pasokan setelah perayaan Idul Fitri berakhir. Selain itu adanya penurunan daya beli masyarakat membuat para pedagang tidak bisa bermain harga. 

"Pedagang gak bisa berspekulasi, mau tahan atau naikkan harga sembako tidak bisa juga, karena tidak ada yang beli," katanya. ‎(Rtc0

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :