Diskop Pekanbaru Ekspos Mesin Sederhana Penghalau Asap

Diskop Pekanbaru Ekspos Mesin Sederhana Penghalau Asap

PEKANBARU, RanahRiau.com - Kepala Dinas Koperasi Bersama AKP Nusirwan Kapolsek KSKP ‎dan pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro menggelar expos teknologi sederhana tepat guna untuk menghalau asap yang saat ini menyelimuti kota Pekanbaru.

Teknologi sederhana ini sangat mudah dibuat oleh setiap orang, cukup bermodalkan Rp 150.000‎ alat penyaring udara Sedernaha ini sudah dapat dibuat. Ada tiga bahan yang harus disiapkan pertama wadah tertutup seperti drom bekas, atau ember cat, kipas angin, dan es batu.

"Wadat tertutupnya kita beri pentilasi, dan kita isi dengan es batu, lalu kita tutup dengan kipas angin dan kita hidupkan. Hasilnya udara yang keluar dari pentilasi drom tersebut akan segar dan bersih. Sementara asap yang menyasaki rumah akan terhisap ke dalam drom. Secara otomatis ruangan akan segar dan bernafaspun nyaman," jelas Ingot Ahmat Hutasuhut.

Disebutkannya, pihaknya bersama kapolsek Nursiwan selaku pengembang teknologi ini akan melakukan expos kepada Walikota Pekanbaru. Jika di setujui maka pihaknya akan memberdayakan pelaku UMKN memproduksi masal alat ini.

"Untuk disalurkan kepada masyarakat-masyarakat yang membutuhkan," jelas Ingot. Ditanya kapan dilakukan expos teknologi tepat guna ini, dirinya mengatakan secepatnya. Dan berharap hasilnya akan positif serta bisa kita produksi masal. (Rtc)

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :