Disdik Inhil Ingatkan Sekolah Terima Siswa Baru Berdasarkan Jumlah Kelulusan

Disdik Inhil Ingatkan Sekolah Terima Siswa Baru Berdasarkan Jumlah Kelulusan

TEMBILAHAN, RanahRiau.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Inhil mengeluarkan kebijakan pihak sekolah hanya boleh menerima siswa berdasarkan jumlah kelulusan tahun ini. 

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Inhil, Helmi D, hal ini dalam upaya tidak terjadi penumpukan siswa di sekolah tertentu saja. 

"Memang ada kebijakan Disdik agar pihak sekolah saat Penerimaan Peserta Didik Baru mengacu kepada siswa yang lulus pada tahun ini," ungkap Helmi D. 

Dicontohkan, kalau satu SMA menamatkan 100 siswanya, maka tahun ini sekolah ini juga hanya dibolehkan menerima siswa baru sejumlah itu juga. 

"Langkah ini juga dalam upaya menekan terjadinya berbagai macam pungutan di saat penerimaan siswa, dengan dalih untuk uang bangku dan sebagainya," tegasnya. 

Selama ini, beliau tidak menampik ada sekolah yang memaksakan menerima siswa baru melebihi kapasitas ketersediaan ruang kelas, sehingga untuk itu mereka terpaksa memungut pungutan seperti istilah uang bangku. 

"Tindakan semacam ini yang harus dihindari dan tidak dibolehkan lagi," ingatnya. 

Ditekankannya, agar pihak sekolah saat penerimaan siswa baru ini benar-benar mengedepankan transparansi dan menghindari tindakan yang dapat merusak dunia pendidikan. 

"Lakukan penerimaan dengan transparan dan menghindari tindakan yang menyulitkan dan memberatkan siswa," imbuhnya. (Rls)

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :