Mengapa 4 Pilar Menjadi Penting

Ini Penjelasan Senator Asal Riau Kepada Mahasiswi Akbid

Ini Penjelasan Senator Asal Riau Kepada Mahasiswi Akbid

PEKANBARU - Sosialisasi 4 Pilar MPR RI kembali diadakan. Kali ini Anggota DPD/MPR RI asal Provinsi Riau, Intsiawati Ayus menajanya di Akademi Kebidanan (Akbid) HELVETIA Pekanbaru, Sabtu (7/10/17).

Saat pemaparan materi, Intsiawati mengatakan, secara umum profesi seorang Bidan memiliki kode etik maupun peraturan dalam menjalankan tugasnya. Bila tidak memahami secara benar, maka bisa berakibat Fatal. Karena Bidan ialah pekerjaan yang berurusan dengan kehidupan.

"Maka memaknai nilai dari salah satu 4 Pilar yakni UUD 1945, itu berkaitan dengan peraturan, ketaatan hukum. Jika belum mengetahui hirarki turunan suatu peraturan itu, banyak hal yang membuat keliru masing-masing kita," ungkapnya.

Pada sesi dialog tanya jawab, Mahasiswi mempertanyakan seberapa penting arti 4 Pilar MPR RI dalam kehidupan sehari-hari. Karena dalam pandangannya, profesi Bidan tidak ada kaitan dengan Pemerintahan maupun Politik.

"Menjadi penting bagi kehidupan kita. Karena masing-masing Pilar sudah mengartikan dan memiliki nilai serta petunjuk cara berbangsa dan bernegara yang baik. Mulai dari Pancasila, bila seseorang bisa mengamalkannya dengan baik dalam kehidupan sehari-hari maka ia akan menjadi pasangan yang bertuhan, toleran, adil, dan bijaksana. Pilar UUD 1945 yang mengajarkan kita agar taat akan hukum dan peraturan yang berlaku. Lalu Pilar NKRI bila disadari betul makna oleh seluruh warga maka sampai kapanpun akan terus berupaya menjaga keutuhan Negara Indonesia. Dan Pilar Bhinneka Tunggal Ika yang mengajarkan untuk saling menghargai satu sama lain. Jadi 4 Pilar tidak dikelompokkan khusus kepada siapa indivudu atau kelompok dan profesi, yang layak mengetahui apa itu 4 Pilar," terang Intsiawati.

"Jadi inilah yang mau saya buka kepada anak-anak kebidanan disini. Bahwa 4 Pilar itu sudah komplit urusannya ketika berbicara sikap, tingkah dan pandangan seorang warga negara yang baik. Jika sudah mengarah kesitu, apapun profesi kita, layak mengetahuinya," tutup Intsiawati kepada awak Media usai acara. (Rls)


Editor : Ahnof
Komentar Via Facebook :