Gorbachev Peringatkan Perang Dunia

Gorbachev Peringatkan Perang Dunia

KREMLIN, RanahRiau.com - "Ini semua terlihat seolah dunia sedang mempersiapkan perang," demikian Gorbachev menyampaikan peringatannya beberapa hari yang lalu.

 

Mantan pemimpin Negara Soviet ini mendaftar sejumlah masalah, mulai dari militerisasi politik, perlombaan senjata baru, hingga permusuhan pemimpin dunia yang terus digaungkan media. Tank dan senjata di Eropa - "ditempatkan dekat satu sama lain, seolah-olah untuk menembak titik-kosong," sindirnya.

 

"Hari ini,” Kata Gorbachev, “Bagaimanapun, ancaman nuklir sekali lagi tampak begitu nyata. Hubungan antara kekuatan-kekuatan besar telah beranjak dari situasi buruk menjadi semakin buruk selama beberapa tahun belakangan iniPara pendukung pengembangan senjata dan operator kompleks industri militer kini sedang menggosok-gosokkan tangan mereka," tulis Grobachev.

 

Gorbachev yang merupakan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 1990 itu mengungkapkan bahwa di  dunia modern ini, perang selayaknya dianggap sebagai kejahatan, karena tidak ada masalah global yang kita hadapi saat ini dapat diselesaikan dengan perang ..."

 

Sebagaimana diketahui, Mikhail Gorbachev merupakan tokoh pembebasan Uni Soviet dari belenggu komunisme sekaligus presiden Soviet yang mau mengulurkan tangan persahabatan ke Barat. Untuk usahanya tersebut ia mendapat tamparan di wajah sekaligus mendapatkan sebuah medali.  

 

Kemenangan Gorbachev ketika itu telah menurunkan eskalasi perlombaan senjata antara AS dan Rusia sehingga membawa perdamaian dunia selama lebih dari seperempat abad. Sepeninggalnya, Putin kemudian berupaya mengembalikan rasa harga diri bangsa  Rusia yang telah jatuh, hingga tampak hasilnya belakangan ini. Di antara upaya Putin yang gencar adalah dengan terus berusaha menyaingi kekuatan militer AS.

 

Bagi Gorbachev, Perlombaan dan penempatan senjata telah menunjukkan eksistensi akan terjadinya perang. "Ibarat hidangan sudah tersaji di atas meja," ujarnya

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :