Gaet turis, Taiwan Sediakan uang Gratis

Gaet turis, Taiwan Sediakan uang Gratis

Foto: Teratai raksasa di Taipei, Taiwan. REUTERS/Tyrone Siu

JAKARTA, RANAHRIAU.COM- Seiring dengan perekonomian yang mulai membaik setelah pandemi, banyak negara mulai berbenah untuk kembali mendongkrak sektor pariwisatanya.Terbaru adalah Taiwan yang akan memberikan hadiah uang tunai untuk turis asing.

Mengutip CNN, Perdana Menteri Taiwan Chen Chien-jen mengumumkan bahwa pemerintah memiliki target 6 juta wisatawan untuk tahun 2023. Angka ini akan digandakan untuk target tahun 2024.

Mereka akan memberikan NT$5.000 (Rp 2,5 juta) kepada 500.000 turis per orang. Selain turis perorangan, pemerintah Taiwan juga berencana memberikan uang sebanyak NT$20.000 (Rp 10 juta) untuk 90.000 grup tur.

Menteri Transportasi Wang Kuo-tsai mengatakan bahwa tunjangan uang tunai akan dikirimkan secara digital. Turis dapat menggunakannya untuk membiayai kebutuhan mereka selama berwisata di Taiwan, termasuk untuk akomodasi.

Dia menambahkan pemberian uang tunai bertujuan untuk menarik lebih banyak pengunjung, terutama dari Jepang, Korea Selatan, Asia Tenggara, Hong Kong dan Makau, serta Eropa dan Amerika.

Taiwan hanya dikunjungi tak sampai 900.000 turis asing pada 2022, menurut statistik dari Biro Pariwisata Taiwan. Kebanyakan turis berasal dari Vietnam, Indonesia, Jepang dan Amerika Serikat.

Jumlah turis asing yang datang pada 2022 tersebut jauh di bawah jumlah yang tercatat pada 2019 di mana saat itu Taiwan memecahkan rekor 11,8 juta turis internasional, naik 7 persen dari tahun sebelumnya.

Taiwan sendiri telah mencabut pembatasan terkait Covid pada Oktober 2022. Kebijakan ini diharapkan dapat menarik lebih banyak turis internasional untuk mengunjungi Taiwan. 

Kendati demikian, pemerintah belum mengumumkan kapan skema pemberian uang akan dimulai atau bagaimana cara mendapatkan tunjangan tersebut.

 

Editor : Abdul
Sumber : CNBC Indonesia, CNN, Reuters
Komentar Via Facebook :