tingkatkan Pendapatan Keluarga

Dosen Dan Mahasiswa Kukerta UNRI fasilitasi Pengolahan ikan untuk PKK Desa Muara Mahat baru

Dosen Dan Mahasiswa Kukerta UNRI fasilitasi Pengolahan ikan untuk PKK Desa Muara Mahat baru

MUARA MAHAT BARU, RANAHRIAU.COM- Olahan produk ikan patin banyak di cari dan konsumsi oleh masyarakat sebagai salah satu pangan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan gizi. Desa Muara Mahat Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar sebagai salah satu daerah yang baru mengembangkan sektor perikanan budidaya ikan patin menjadi potensi perikanan yang dapat dioptimalkan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di desa muara mahat baru.

Produk perikanan tidak hanya dapat dijual dalam bentuk ikan mentah saja, namun bisa dijadikan olahan yang dapat bertahan lebih lama, memiliki nilai tambah secara ekonomi, serta dapat memperkaya pilihan kuliner dari sumber ikan patin. Hal ini juga disampaikan Chicka Willy Yanti, SP., MP  selaku pemateri pada kegiatan fasilitasi ibu-ibu PKK dalam pengolahan produk perikanan. “Bisnis yang baik itu adalah bisnis yang sederhana dan konsisten. Produk olahan ikan termasuk bisnis mudah dilakukan terutama oleh ibu-ibu rumah tangga, sehingga menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga,'' ujarnya.

Kepala Desa Muara Mahat Baru, Azhari yang ikut hadir pada saat kegiatan ini juga memberikan tanggapannya sangat bahagia dengan adanya kegiatan ini, karena kegiatan yang seperti ini jarang sekali ada di Desa Muara Mahat baru. Dengan Adanya kegiatan ini diharapkan ibu-ibu PKK di Desa Muara Mahat Baru dapat berkreasi dengan produk olahan ikan, sehingga akan muncul UMKM baru dari Desa Muara Mahat Baru, sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Kegiatan fasilitasi ibu-ibu PKK dalam pengolahan produk perikanan merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Universitas Riau yaitu Rindi Metalisa, SP., M.Si selaku ketua tim pelaksana sekaligus Dosen Pembimbing Lapang Mahasiswa Kukerta UNRI, beserta anggota tim yaitu Dr. Trisla Warningsih, S.Pi., M.Si., Chicka Willy Yanti, SP., MP., Ir. Firman Nugroho., M.Si., dan Rina D’rita Sibagariang, S.Pi., M.Si. Kegiatan ini juga melibatkan Mahasiswa Kukerta Balek Kampung 2022 Desa Muara Mahat Baru yang diketuai oleh Farhan Ariqqulhuda.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Desa Muara Baru kecamatan Tapung Kabupaten Kampar pada hari minggu tanggal 07 agustus 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Muara Mahat Baru, Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat, ibu-ibu PKK sebagai sasaran utama dalam kegiatan ini, dan Mahasiswa-Mahasiswi KKn Kukerta UNRI. Kegiatan ini dipandu oleh Rindi metalisa, SP., M.Si dan dibantu oleh Silvy Amelia Ritonga, Imanuela Octasya Saragih, Lina Pebrianti manullang, Anita Simanjuntak, Diva Nurfitri Arda, Dwi Adheka sella, dan Yulia Adrinana.

Olahan produk ikan patin yang di buat pada saat kegiatan ini adalah kerupuk kemplang ikan patin. Kerupuk kemplang ikan patin ini terbuat dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan oleh ibu-ibu PKK. Bahan-bahan yang digunakan adalah fillet ikan patin, tepung tapioka, telur, minyak sayur, garam, penyedap rasa, dan backing powder. “Kerupuk kemplang ikan patin ini rasanya gurih dan renyah, cocok untuk dijadikan cemilan, atau bisa dicampurkan ke bakso, soto, dan teman makan nasi,'' paparnya.

 

Editor : Abdul
Sumber : rilis
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :