Jadi Peritel Pakaian Pertama Gunakan Sertifikat Energi Terbarukan dari PLN

Mantapkan rencana transisi ke model bisnis baru, Uniqlo tandatangani perjanjian kerjasama dengan PLN

Mantapkan rencana transisi ke model bisnis baru, Uniqlo tandatangani perjanjian kerjasama dengan PLN

(Tengah) Edison Sipahutar, Executive Vice President Pelayanan Pelanggan Korporat dan Institusi Besar PT PLN (Persero), dan Shigeru Kumano, CFO Fast Retailing Indonesia

Fast Retailing Tandatangani Perjanjian Kerjasama  dengan PLN Sebagai Bentuk Implementasi Model Bisnis Baru yang Berkelanjutan

JAKARTA, RANAHRIAU.COM- PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia) memantapkan rencana transisi ke model bisnis baru yang mengusung prinsip-prinsip keberlanjutan dengan membuat komitmen untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia melalui penggunaan sumber listrik dari pembangkit yang menggunakan energi terbarukan di seluruh toko UNIQLO Indonesia. Komitmen ini dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama Jual Beli Sertifikat Energi Terbarukan yang ditandatangani oleh Shigeru Kumano, CFO Fast Retailing Indonesia dan Edison Sipahutar, Executive Vice President Pelayanan Pelanggan Korporat dan Institusi Besar PT PLN (Persero), pada Senin, 13 Desember 2021 di Jakarta. Dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama tersebut, UNIQLO Indonesia menjadi perusahaan ritel pertama di industri pakaian Indonesia yang akan mendapatkan Renewable Energy Certificate (REC) sebagai bukti telah menggunakan listrik yang berasal dari Pembangkit Energi Terbarukan PLN.

“Perusahaan kami menekankan kepedulian terhadap lingkungan dalam semua proses bisnis kami, mulai dari manufaktur hingga distribusi dan penjualan, mengurangi emisi gas rumah kaca dan limbah dengan menerapkan proses produksi yang ramah lingkungan. UNIQLO Indonesia mengambil peran melalui salah satu inisiatifnya yakni mengimplementasikan penggunaan listrik yang dihasilkan dari energi terbarukan di seluruh toko UNIQLO di Indonesia,” ujar Shigeru Kumano, selaku CFO PT Fast Retailing Indonesia.

Renewable Energy Certificate (REC) dari PLN ini dihasilkan dari PLTP Kamojang di Jawa Barat dan dikirim melalui infrastruktur yang sudah ada. Dengan menggunakan REC, UNIQLO Indonesia sudah menggunakan sumber energi terbarukan dari PLN.

Executive Vice President Pelayanan Pelanggan Korporat dan Institusi Besar PT PLN (Persero), Edison Sipahutar mengatakan bahwa pembelian Renewable Energy Certificate (REC) tersebut dimaksudkan untuk mendorong percepatan transisi peralihan Indonesia menuju energi terbarukan dengan memastikan kebutuhan konsumsi listrik dipenuhi oleh Pembangkit Listrik Tenaga Energi Terbarukan.

“Renewable Energy Certificate (REC) ini merupakan bukti dihasilkannya tenaga Mega-Watt-hour (MWh) dari Pembangkit Listrik Tenaga Energi Terbarukan dimana 1 REC sama dengan 1 MWh dari produksi energi. Saat ini terdapat 70 perusahaan dari berbagai industri termasuk UNIQLO Indonesia yang mewujudkan industri berkelanjutan melalui penggunaan listrik dari energi terbarukan. Semakin banyak industri dan perusahaan yang memiliki REC artinya Indonesia bisa menghemat penggunaan energi yang tidak dapat diperbaharui sehingga beban lingkungan lebih ringan,” ujar Edison.

Kerjasama antara UNIQLO Indonesia dan PT PLN (Persero) tersebut berlaku selama dua tahun sejak penandatangan Perjanjian Kerjasama atau berakhir pada 13 Desember 2023. Komitmen ini juga merupakan dukungan UNIQLO Indonesia untuk mewujudkan tujuan dari Perjanjian Paris mengenai Perubahan Iklim dalam hal pengurangan emisi gas rumah kaca pada 2050. UNIQLO Indonesia senantiasa berusaha untuk melanjutkan upaya-upaya tersebut melalui rantai pasokan dan penggunaan produk-produk UNIQLO untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. 

Secara global, Fast Retailing menargetkan 40% dari seluruh toko UNIQLO dan Perusahaan seinduk UNIQLO yaitu GU menggunakan Energi Terbarukan. Pada Agustus 2021, terdapat 64 toko UNIQLO dari sembilan pasar di Eropa yang telah beralih ke energi terbarukan. Pada akhir 2021, semua toko di Amerika Utara dan di beberapa negara di Asia Tenggara akan turut menyelesaikan peralihan ini. 

Pada bulan September 2021, Fast Retailing juga mengumumkan target dan rencana aksi tahun fiskal 2030. Target ini telah disetujui sebagai Target Berbasis Sains oleh inisiatif SBT (SBTi) untuk bisnis berkelanjutan yang meliputi membuat pakaian yang berkualitas dan ramah lingkungan, pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 90% dari mulai toko, kantor hingga rantai pasokan, penghematan konsumsi listrik, peningkatan proporsi bahan daur ulang menjadi sekitar 50%, inistiatif pengurangan sampah, hingga menciptakan tempat kerja yang menghormati keberagaman dan inklusi.

Untuk informasi terkini tentang UNIQLO Indonesia, kunjungi:
https://www.uniqlo.com/id/ 
    
Instagram Resmi UNIQLO Indonesia:
https://www.instagram.com/uniqloindonesia/ 

#####

Tentang PT PLN (Persero)
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

Tentang UNIQLO LifeWear
Busana yang berasal dari budaya Jepang yang menghargai kesederhanaan, kualitas terbaik, dan ketahanan. Didesain untuk selalu sesuai dari waktu ke waktu, LifeWear diciptakan dengan gaya modern dan elegan untuk menjadi komponen gaya masing-masing individu. Sebuah kemeja yang sempurna yang senantiasa dibuat lebih sempurna. Kesederhanaan desain dengan detail-detail modern yang tersembunyi dan penuh pemikiran. Potongan dan bahan terbaik yang dibuat agar mudah didapatkan dengan harga terjangkau. LifeWear merupakan pakaian yang terus diperbarui, lebih hangat, lebih ringan, desain yang lebih baik, dan lebih nyaman bagi kehidupan bermasyarakat.

Tentang UNIQLO and Fast Retailing
UNIQLO adalah merek pakaian milik fast Retailing Co, Ltd., sebuah perusahaan ritel global terkemuka dari Jepang yang berpusat di Tokyo. UNIQLO merupakan merek terbesar dari delapan merek dagang lainnya di grup Fast Retailing, seperti GU, Theory, PLST (Plus T), Comptoir des Cotonniers, Princesse tam.tam, J Brand dan Helmut Lang. Dengan nilai penjualan global sekitar 2.13 Triliun Yen untuk tahun 2021, tahun fiskal yang berakhir pada 31 Agustus 2021 (USD 19.4 milyar, dihitung dengan kurs pada akhir Agustus 2021 1 US Dollar = 109,9 Yen), Fast Retailing merupakan salah satu perusahaan ritel pakaian terbesar di dunia, dan UNIQLO merupakan peritel spesialis utama di Jepang.

UNIQLO terus membuka toko berskala besar di beberapa kota dan lokasi penting di dunia, bagian dari upaya untuk memperkuat statusnya sebagai sebuah brand global. Saat ini UNIQLO memiliki lebih dari 2.300 toko di 25 pasar dunia termasuk Jepang, Australia, Belgia, Kanada, China, Denmark, Perancis, Jerman, Hong Kong, India, Indonesia, Italia, Malaysia, Belanda, Filipina, Rusia, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Taiwan, Thailand, Inggris, Amerika Serikat dan Vietnam. Selain itu, UNIQLO mendirikan suatu model bisnis sosial yang didirikan di Bangladesh bersama dengan Bank Grameen di tahun 2010, dan kini sudah berdiri beberapa toko Grameen-UNIQLO, terbanyak di Dakha.

Seiring dengan komitmen perusahaan untuk changing clothes, changing conventional wisdom and change the world (mengubah pakaian, mengubah pemikiran konvensional, merubah dunia) Fast Retailing berdedikasi untuk menciptakan pakaian berkualitas dengan nilai unik dan baru yang diharapkan mampu memperkaya kehidupan orang-orang dimanapun. Untuk informasi lebih lanjut mengenai UNIQLO dan Fast Retailing, kunjungi www.uniqlo.com dan www.fastretailing.com.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
UNIQLO Indonesia PR

Stefanie Saragih (stefanie.saragih@uniqlo.co.id)
Yulia Rachmawati (yulia.rachmawati@uniqlo.co.id)
South Quarter Tower C, 17th Floor
Jl. R.A. Kartini Kav. 8 Cilandak, Jakarta Selatan, 12430

Image Dynamics (PR Agency):
Ayunda Putri ayunda@imagedynamics.co.id (Mobile +62 812-2001-411)
Ima Silaban ima.silaban@imagedynamics.co.id (Mobile +62 812-9055-4435)
Menara Sentraya Lt 11, Blok A1 11
Jl Iskandarsyah Raya No 1A, Jakarta
 

Editor : Abdul
Sumber : rilis
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :