Guna Meningkatkan Mutu, 47 Canwas Sekolah Mengikuti Diklat

Guna Meningkatkan Mutu, 47 Canwas Sekolah Mengikuti Diklat

KUANSING, RANAHRIAU.COM - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau, diklatkan 47 orang calon pengawas (Canwas) sekolah.

Plt kepala dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuansing, H. Masrul hakim, menjelaskan Diklat pengawas sekolah kali ini diikuti sebanyak 47 orang peserta.

 

 

Diklat tersebut adalah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan tenaga pendidik.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah melalui analisis tahap proyeksi kebutuhan pengawas sekolah dalam lima tahun kedepan.

Dikatakan Masrul, Pengawas Sekolah tingkat SMP yang ada sekarang jumlahnya masih belum mencukupi ditahun ini.

"Tahun ini kita Kekurangan delapan orang pengawas untuk tingkat SMP, dan Untuk SD Lebih Banyak lagi," terangnya Jumat, (12/11/2021) siang di Teluk kuantan

 

 

Masrul hakim menuturkan, Diklat calon pengawas dilaksanakan setelah melalui analisis tahap proyeksi kebutuhan pengawas sekolah dalam lima tahun ke depan. 

“Tahun ini kita bisa mendiklatkan Canwas sebanyak 47 orang," terang Masrul hakim

Tujuan didiklatkanya canwas tersebut, kata Masrul, ketika sewaktu-waktu kita bicara mutu, maaka tentu kita bicara dulu apa saja terkait dengan mutu salah satunya pengawas.

"Mudah-mudahan canwas yang ikut diklat sekarang ini lulus semua, sehingga nanti peningkatan dan pemerataan mutu mulai dari TK, SD dan SMP bisa terwujud dengan terpenuhinya kebutuhan pengawas," harapnya

 

 

Masrul Hakim mengatakan, Tahun ini banyak yang berminat sebagai pengawas, namun, ada seleksi subtansinya. Peserta yang telah lulus seleksi substansi baru dapat mengikuti Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah

"Untuk jadi pengawas harus lolos diklat, nanti ditandai dengan keluarnya sertifikat calon pengawas yang dikeluarkan oleh LP2KS Solo," cetus Masrul hakim

Proses seleksi sendiri meliputi seleksi administrasi dan seleksi substansi. Seleksi administrasi bertujuan untuk mengetahui kelengkapan persyaratan administrasi Calon Pengawas Sekolah.

Sedangkan,tambahnya, seleksi substansi bertujuan untuk mengetahui potensi bidang pengawasan yang dimiliki Calon Pengawas Sekolah. Seleksi substansi ini diikuti oleh calon Pengawas Sekolah yang telah memenuhi persyaratan administrasi. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 12 tahun 2007, kualifikasi pengawas untuk satuan TK/SD minimal S1.

Sedangkan untuk pengawas SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK adalah minimal S-2 Kependidikan dengan berbasis sarjana (S-1) dalam rumpun mata pelajaran yang relevan pada perguruan tinggi terakreditasi.

Di samping itu, syarat yang harus dipenuhi oleh canwas adalah memiliki pangkat minimum penata, golongan ruang III/c yang berusia setinggi-tingginya 50 tahun, sejak diangkat sebagai pengawas satuan pendidikan.

Selain itu juga berkompeten sebagai pengawas satuan pendidikan, yang diperoleh melalui uji kompetensi dan pelatihan fungsional pengawas, pada lembaga yang ditetapkan pemerintah. Dan, terakhir, lulus seleksi pengawas satuan pendidikan.

Setelah mereka diangkat sebagai pengawas, maka mereka akan ditempatkan di wilayah kerjanya masing-masing.

"nanti akan ada pembagian tugas dan wilayah. sekolah-sekolah binaannya akan ditentukan berdasarkan kesepakatan dengan Koordinator pengawas (Korwas)," Tandas Masrul Hakim. 

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :