Riau utuskan atlet andalannya

Semangat Kompetisi tak boleh usai, PB Squash Indonesia gelar Kejuaaraan Nasional pasca PON Papua

Semangat Kompetisi tak boleh usai, PB Squash Indonesia gelar Kejuaaraan Nasional pasca PON Papua

JAKARTA, RANAHRIAU.COM- MESKI Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 baru saja berakhir. Akan tetapi, semangat kompetisi tak boleh usai. Demi melanjutkan antusiasme berolahraga, PB Squash Indonesia menggelar Kejuaraan Nasional. Turnamen tersebut dihelat di lapangan squash Gelora Bung Karno Jakarta, pada 6-10 November 2021.

Kejuaraan Nasional Squash ini mendapat apresiasi dari ketua umum KONI Pusat, Marciano Norman. Menurut Marciano, PB Squash Indonesia sangat bergerak cepat melanjutkan semangat yang sudah dibangun di PON Papua 2021. "Saya apresiasi kesiapan PB Squash Indonesia dalam menggelar Kejuaraan Nasional ini. Squash menjadi yang pertama menggelar turnamen setelah PON Papua 2021," ujarnya. 

"Menurut saya ini sangat bagus karena semangat berolahraga sudah sangat terbangun sejak PON Papua 2021 kemarin. Jadi, harus terus dilanjutkan dengan turnamen seperti ini," imbuhnya.

Kejuaraan Nasional Squash 2021 diikuti delapan Provinsi (DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kaltim, Sumsel, Riau dan Aceh). Nantinya, dari ajang ini akan dicari atlet terbaik untuk SEA Games Vietnam dan juga berbagai kejuaraan internasional lainnya. "Hasil Kejuaraan Nasional akan dipersiapkan untuk SEA Games dan turnamen berikutnya. Sampai nanti kejuaraan lain tingkat dunia. Setelah event ini kami akan menyiapkan grand desain untuk turnamen tingkat dunia," ujar ketua panitia pelaksana Kejuaraan Nasional Squash 2021, Ir H. Seno Aji. M.Si.

Adapun pelaksanaan Kejuaraan Nasional Squash 2021 di Gelora Bung Karno ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap peserta harus melakukan tes antigen sebelum bertanding. "Kami mengikuti semua protokol kesehatan yang berlaku di Jakarta. Seluruh atlet dan perangkat pertandingan semuanya harus melalui swab antigen terlebih dahulu, Selain itu, kami juga mewajibkan akses melalui Peduli Lindungi dan melakukan sterilisasi lapangan dengan desinfektan setiap harinya," tegasnya.

Kejurnas Squash 2021 mempertandingkan tingkat KU (Kelompok Umur) 13, 15, 17 dan 19 Pa Pi, Open Pa/Pi, dan Ganda Campuran Pa/Pi. Dalam event ini Riau menurunkan Yehezkiel KU-13 Pa, Kiara Diva KU-15 Pi, Dimas Jati KU-17 Pa, Juan Cakra KU-19 Pa, Najwah KU-19 Pi, Yelli dan Kartika di Open Pi serta Rahmad dan Arief di Open Pa. Tim ini didampingi oleh Coach Masrur ZN yang sekaligus merangkap menjadi official dari tim Riau. Adapun hasil pertandingan Kejurnas 2021 yang dihadiri langsung oleh Ketua Harian PSI Pengprov Riau Devi R Daud adalah sbb:

1. Kiel KU 13 Putra  medali perak
2. Kiara KU 15 Putri medali Perunggu
3. Najwa KU 19 Putri medali Perunggu
4. Adi, Yelli dan Tia (Open Pa/Pi) tersingkir di 8 Besar. 
5. Dimas KU 17 Putra, Juan KU 19 Putra dan Arif (Open Putra) tersingkir di babak penyisihan. 

Dibandingkan dengan hasil kejurnas 2019 tahun lalu, tim Riau mengalami penurunan prestasi, dimana tahun 2019 Riau memperoleh 2 emas, dan 6 perunggu. Hal ini dipengaruhi oleh persiapan yang kurang matang. Sebelumnya, para atlet rutin melakukan latihan di lapangan PHR Rumbai ex PT. Chevron.

Namun, karena pandemi Covid-19 lapangan ditutup dan para atlet tidak dapat menjalankan program latihan sebagaimana mestinya. Alhamdulillah, satu setengah bulan menjelang kejurnas atlet sudah dapat latihan sekaligus TC di lapangan Squash yang berada di Stadion Utama Riau-Panam, ini berkat perhatian dari pengurus PSI dan Dispora Provinsi Riau. Semoga dimasa mendatang tim Riau dapat meningkatkan prestasi dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai dan tentunya perhatian pihak terkait terutama Dispora dan Koni Prov Riau. (Pam)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :