Dari Monev KI Riau, Kota Dumai Siap Menjadi Tuan Rumah HAKIN 2022

Dari Monev KI Riau, Kota Dumai Siap Menjadi Tuan Rumah HAKIN 2022

DUMAI, RANAHRIAU.COM - Pemerintah Kota Dumai menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) 2022 mendatang bila di amanahkan oleh Komisi Informasi Pusat. Peringatan HAKIN setiap tanggal 30 April itu hampir bersamaan dengan HUT Kota Dumai yang diperingati setiap 27 April.

"Kota Dumai siap menjadi penyelenggara HAKIN 2022. Apalagi waktunya hampir bersamaan dengan peringatan hari jadi kota Dumai," kata Walikota Dumai diwakili Sekda Dumai H. Indra Gunawan S.IP, M.Si saat menerima tim monitoring dan evaluasi (monev) Keterbukaan Informasi Publik  yang dipimpin Ketua Komisi Informasi Riau Zufra Irwan,SE di Kantor Diskominfo Kota Dumai, Jalan Putri Tujuh, Jumat (1/10/2021).

Mantan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bengkalis yang baru dilantik sebagai Sekda Dumai pada Senin (27/9/2021) lalu itu mengungkapkan, keinginan untuk menjadi tuan rumah HAKIN 2022 tersebut didukung penuh oleh Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS. 

"Pak Walikota sangat mendukung bila Komisi Informasi Pusat menunjuk Kota Dumai untuk melaksanakan Hari Keterbukaan Informasi Nasional tersebut," ujar Indra Gunawan didampingi Kadis Kominfo Dumai Drs. H. Khairil Adli, M.Si.

Provinsi Riau sendiri sebelumnya sudah ditunjuk oleh KI Pusat sebagai penyelenggara HAKIN 2020 dengan tuan rumahnya Kabupaten Kampar. Namun karena pada saat itu pandemi Covid-19 sedang gawat-gawatnya, peringatan HAKIN 2020 itu akhirnya dibatalkan. 

"Melihat trend Covid-19 yang kini sudah menurun, kami optimis penyelenggaraan HAKIN pada tahun 2022 dapat dilaksanakan. Dan Kota Dumai siap untuk jadi tuan rumah jika diamanahkan," timpal Kadis Kominfo Dumai Khairil Adli.

Ketua Komisi Informasi Riau Zufra Irwan yang datang ke kota pelabuhan itu untuk melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Keterbukaan Informasi Publik tahun 2021 juga sangat mendukung keinginan Dumai menjadi tuan rumah HAKIN 2022. 

Di sela-sela pertemuan dengan Kadis Kominfo Khairil Adli selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan Sekda Dumai sebagai atasan langsung PPID Utama Dumai, Ketua KI Riau langsung menelpon Ketua KI Pusat Gede Narayana untuk penjajakan awal tuan rumah HAKIN 2022.

Prinsipnya, kata Zufra Irwan kepada media seusai berbicara lewat telepon dengan Gede Narayana, KI Pusat akan membahasnya lebih jauh dengan para komisioner KI Pusat lainnya. Apalagi Riau (baca: Kampar,red) sebelumnya sudah ditetapkan jadi tuan rumah HAKIN namun gagal dilaksanakan karena pandemi Covid-19 keburu datang.

"Nanti KI Riau akan mendampingi perwakilan Pemko Dumai untuk bertemu KI Pusat dan Menteri Kominfo guna membahas lebih jauh keinginan menjadi tuan rumah HAKIN 2022 tersebut," papar Zufra.

Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) dilaksanakan setiap tahun untuk lebih menguatkan komitmen badan publik terhadap Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Penetapan HAKIN itu diambil dari tanggal Sidang Paripurna DPR RI pada tanggal 30 April 2008 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, saat  mengesahkan UU KIP.

Kehadiran UU KIP sendiri diharapkan dapat menjadi pendorong transparansi dan akuntabilitas bagi seluruh badan publik, membangun pemerintahan yang baik dan tata kelola badan publik, akselerasi pemberantasan KKN, Akselerasi Demokratisasi, Persaingan Usaha Secara Sehat, dan  mengoptimalkan perlindungan hak-hak masyarakat terhadap pelayanan publik.

Karena itu pula dalam peringatan HAKIN setiap tahunnya selain diisi dengan kegiatan seremonial, juga ditandai dengan penandatangan pakta integritas para kepala daerah dan juga konvensi Keterbukaan Informasi Publik. Kegiatan itu akan dihadiri oleh seluruh komisioner KI 34 Provinsi se-Indonesia, KI Pusat, Menteri Komunikasi dan Informasi, Kominfo Provinsi, Kabupaten Kota beserta PPID Utama.

"Kami siap jadi tumah. Selain Dumai fasilitas akomodasi atau hotel-hotel yang sangat memadai, Dumai secara geografis juga berada di posisi yang strategis saat ini. Dengan adanya jalan tol, kini kota Dumai bisa ditempuh dari ibukota provinsi Riau, Pekanbaru, hanya dalam waktu sekitar 1,5 jam saja," kata Kharil Adli mempromosikan daerahnya.

Kepatuhan Badan Publik

Sementara itu terkait kegiatan monev, Ketua KI Riau Zufra Irwan, SE mengungkapkan hal tersebut dilakukan guna mengetahui sejauh mana kepatuhan badan publik di Dumai dalam mengimplementasikan UU KIP.

"Hasil penilaian yang dilakukan oleh KI nantinya sebagai acuan badan publik untuk perbaikan pelayanan publik ke depannya, Sebab badan publik wajib menyajikan informasi untuk masyarakat dengan mudah, cepat dan murah kepada masyarakat," ungkapnya.

Beliau juga mengungkapkan, kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian tradisi tahunan yang berpuncak pada KI Award. "Kami berharap, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kota Dumai, selain melakukan pembinaan terhadap PPID Pembantu dalam bentuk bimtek dan lainnya, juga bisa melaksanakan sosialisasi tentang UU KIP kepada seluruh komponen masyarakat agar publik mengetahui, dapat mengakses, serta mendapatkan informasi publik yang dibutuhkan," pungkasnya.

Kadiskominfo Kota Dumai Khairil Adli pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ketua KI Riau beserta Tim Monev dalam rangka monitoring dan evaluasi terhadap PPID Utama Dumai.

"Mudah-mudahan, masukan yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi PPID Utama. Kita akan terus melakukan perbaikan-perbaikan agar ke depan PPID Utama dapat berperan lebih baik untuk PPID Pembantu serta seluruh komponen masyarakat," tuturnya.

Pada Monev dan Pemeringkatan Badan Publik tahun 2020 lalu, Pemko Dumai berada di peirngkat kelima. Tahun ini, kata Adli, ia berharap minimal Dumai bisa naik ke peringkat dua atau tiga yang tentunya bila itu dapat dicapai akan lebih memacu PPID Utama maupun PPID Pembantu di OPD-OPD dalam meningkatkan tata kelola layanan informasi publik.

Selain Sekda dan Kadiskominfo, ikut menyambur kedatangan Tim Monev KI Riau tersebut Kabid IKP Diskominfo Dumai, Muhammad Saddam, S.STP, M.IP, dan Kasi Layanan Informasi dan Komunikasi Publik IKP Diskominfo Dumai, Rodiansyah, SH.** (ril)

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :