Pasir Timbul di Teluk Kiambang

Jadi Lokasi Wisata Dadakan Masyarakat Inhil

Jadi Lokasi Wisata Dadakan Masyarakat Inhil

KEMPAS, RanahRiau.com - Fenomena gusung (pasir) timbul di tengan sungai di kawasan Desa Teluk Kiambang, Kecamatan Kempas menjadi tujuan wisata baru bagi warga Inhil. 

Saat hari libur, terutama libur lebaran lalu, kawasan ini ramai didatangi warga yang penasaran ingin melihat pantai pasir 'timbul' ini. Fenomena ini cukup menarik warga di tengah minimnya tempat hiburan dan wisata murah di daerah ini. 

Menurut cerita warga setempat, fenomena semacam ini sudah berlangsung lama, namun baru terkenal dan menarik kedatangan warga beberapa waktu belakangan ini. 

"Seingat saya, sejak saya kecil dan belum sekolah, pasir timbul itu sudah ada," ungkap Yadi, warga setempat kepada riauterkinicom, Selasa (26/7/16). 

Lebarnya diperkirakan 20-25 meter dan panjangnya diperkirakan 400 meter, posisinya menghampar membawa ke tengah sungai. 

"Kemunculan pantai pasir timbul ini saat air sungai surut, uniknya pada minggu ini tampak timbul, kemudian hilang dan timbul lagi pada minggu berikutnya," jelasnya. 

Disebutkan, pasir timbul tersebut waktu kemunculannya bisa saja pagi dan sore hari, tergantung kondisi pasang-surutnya air sungai tersebut. Hamparan pasir timbul tersebut sangat luas, sehingga alur sungai yang biasanya cukup lebar tersebut menjadi menyempit, tapi masih dapat dilalui kapal. 

Bentangan pasir timbul ini tidak seperti tekstur lumpur atau pasir di wilayah pesisir yang lunak, karena pasir tersebut cukup keras sehingga anak-anak dapat bermain sepakbola diatasnya. 

Kemunculan pasir timbul tersebut juga menjadi 'berkah' bagi warga setempat, karena ada yang mengambilnya untuk digunakan sebagai bahan bangunan. (Rtc)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :