SIKL sebagai implementasi Diplomasi Indonesia Malaysia dalam Pendidikan

SIKL sebagai implementasi Diplomasi Indonesia Malaysia dalam Pendidikan

RANAHRIAU.COM- Kerjasama Indonesia-Malaysia dalam bidang pendidikan merupakan bentuk nyata dari hasil diplomasi antar kedua negara yang sudah terjalin sejak 1957 (situs resmi Konsulat Jenderal Republik Indonesia Di Penang Malaysia). Indonesia telah membangun Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) di Malaysia dan hal ini merupakan buah keberhasilan Indonesia dalam menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dengan Malaysia.

Dalam perjalanannya SIKL telah menuai perstasi seperti menjuarai kompetisi pramuka, meraih 17 medali dalam tournament karate tahun 2019 dan juara pertama robotic yang diikuti oleh 80 sekolah di Malaysia. Dan tahun 2020 tim robotic kembali menunjukan performanya sebagai juara dalam berbagai kategori secara virtual salah satunya adalah International Young Digital Maker Award. Prestasi-prestasi itu menunjukan bahwa kualitas sekolah ini semakin meningkat.

Menurut Laman resmi SIKL bahwa pelestarian dan promosi budaya Indonesia di tengah masyarakat Malaysia menjadi misi utama diberdirikannya sekolah ini. Selain itu, SIKL membuka jalan bagi pelajar Indonesia lainnya dalam menempuh dunia pendidikan di tingkat internasional, seperti terjadinya pertukaran pelajar dalam program Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) dimana kedua negara tersebut dapat memperkenalkan budayanya melalui kunjungan tempat, alat musik dan alam bersejarah yang ada di negara masing-masing dan diadakan pada bulan Agustus.

Antusiasme SIKL dalam melakukan soft diplomasi terbukti dari keikut sertaan sekolah tersebut diberbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah-sekolah Malaysia, sekolah milik negara-negara sahabat yang berada di Kuala Lumpur. Keikutsertaan anak didik SIKL menjadi implementasi akan soft diplomasi dalam bidang pendidikan serta promosi budaya Indonesia sebagai negara yang berdaulat.

 

Penulis : Sarah Sonia Theresia Lumbantobing, Mahasiswa Universitas Riau

 

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :