Disdukcapil Dumai Kehabisan Tinta Cetak e-KTP

Disdukcapil Dumai Kehabisan Tinta Cetak e-KTP

Ilustrasi

DUMAI, RanahRiau.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai mengalami kendala untuk mencetak 400 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) milik masyarakat lantaran tinta untuk mencetak habis. 

"Kami sudah mengajukan permintaan penambahan tinta ke Pemprov Riau. Mungkin dalam waktu dekat sudah ada dan pencetakan sudah dapat dilakukan kembali," ujar Suardi, Kadisdukcapil Kota Dumai, Kamis (14/7/16). 

Kata mantan Kepala Kantor Pelayanan Pasar Kota Dumai ini, meski kehabisan tinta, instansinya tetap melayani warga yang ingin mendapatkan dokumen kependudukan dan lain sebagainya. 

"Meski kehabisan tinta, kami tetap melayani warga yang ingin mendapatkan dokumen kependudukan. Saat ini ada sekitar 400 e-KTP yang belum dicetak akibat kehabisan tinta," jelasnya. 

Lanjutnya, bagi warga yang sudah melakukan perekaman data akan diberi surat keterangan sementara dalam pengurusan. Surat keterangan dapat menjadi pengganti e-KTP sementara hingga pencetakan dilakukan. 

Selain habisnya stok tinta, sebelumnya Disdukcapil kehabisan blanko, sehingga harus mengajukan ke Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri. 

"Untuk blanko saat ini sudah ready setelah sebelumnya sempat kehabisan. Jadi kalau tintanya sudah tersedia e-KTP dapat langsung kami cetak," sebutnya. 

Terakhir Suardi berharap, kepada masyarakat Kota Dumai yang sudah melakukan perekaman data agar bersabar menunggu ketersediaan tinta. 

"Kami minta agar masyarakat bersabar. Begitu tintanya sudah tersedia kami akan melakukan proses pencetakan terhadap kartu kependudukan milik warga Dumai ini," pungkasnya. (Rtc)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :