Pendaftaran LKTJ PWI Inhil Ditutup, 3 Juri Kompeten Akan Nilai Belasan Karya Tulis

Pendaftaran LKTJ PWI Inhil Ditutup, 3 Juri Kompeten Akan Nilai Belasan Karya Tulis

Irpan, Sekretaris Panitia LKTJ PWI-PLN Inhil 2021.

INDRAGIRI HILIR, RANAHRIAU.COM - Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ) yang ditaja oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indragiri Hilir bersama PLN UP3 Rengat dan PLN ULP Tembilahan resmi ditutup pada Senin 28 Juni 2021 pukul 23.59 Wib.

Hal tersebut setelah sebelumnya waktu pengiriman hasil karya tulis sempat diperpanjang oleh panitia lantaran masih ada beberapa peserta yang meminta ikut pada perhelatan kegiatan dalam rangka memeriahkan Milad ke 56 Kabupaten Inhil itu namun tidak cukup waktu.

Saat ini, panitia tengah melakukan inventarisasi terkait belasan karya tulis yang dikirim oleh peserta ke email yang sudah ditentukan agar bisa dinilai oleh dewan juri.

"Kita tengah inventarisir berapa jumlah karya tulis yang masuk dan apakah sudah sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh panitia," ungkap Irpan, Sekretaris Panitia Pelaksana kegiatan, Selasa 29 Juni 2021.

Menurut Irpan, semua karya tulis yang telah dikirim oleh peserta memiliki peluang menang sehingga semua keputusan diserahkan kepada dewan juri.

"Kita panitia tidak ikut campur dalam penilaian, itu murni hak prerogatif dewan juri," katanya.

Dirinya juga ingin menepis anggapan jika LKTJ yang digelar PWI bersama PLN ini harus mutlak dimenangkan oleh anggota PWI Inhil karena panitia dan dua orang dewan juri berasal dari PWI Inhil.

"Jadi kita ada 3 juri dan setiap juri memberikan penilaian di tempat masing-masing. Ada 2 dari Inhil dan 1 orang dari Supervisor PLN UP3 Rengat, sulit kalau mau kongkalikong dengan juri," tegasnya.

Selain itu, Irpan berharap jika kegiatan LKTJ ini bukan hanya menjadi ajang promosi PLN dan daerah khususnya Kabupaten Inhil namun juga untuk memupuk keahlian para Wartawan dalam membuat berita Feature atau semacamnya.

"Kita di Inhil jarang ada yang punya background sekolah jurnalis, rata-rata sekolahnya melalui pengalaman dilapangan, jadi LKTJ seperti ini penting diadakan untuk mengasah lagi kemampuan kita dalam menulis berita," harapnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Ketua Panitia Pelaksana Ramadhana menjelaskan jika setiap karya tulis peserta nantinya akan dinilai sesuai standar penilaian yang sudah ditetapkan oleh panitia dan dewan juri, diantaranya syarat yang harus di penuhi adalah tulisan minimal 600 kata serta sesuai dengan tema lomba dan wajib mendownload aplikasi PLN Mobile di handphonenya.

Sebagai hadiah, tidak tanggung-tanggung Panitia sudah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 6 juta rupiah untuk tiga orang pemenang. Dimana untuk Juara 1 sebesar Rp 2.500.000, Juara II Rp 2.000.000 dan Juara III Rp 1.500.000 serta mendapatkan sertifikat.

Editor : Syaiful
Komentar Via Facebook :