Aplikasi New PLN Mobile Tawarkan Berbagai Kemudahan dan Layanan Praktis

Aplikasi New PLN Mobile Tawarkan Berbagai Kemudahan dan Layanan Praktis

Poto : Ilustrasi

INDRAGIRI HILIR, RANAHRIAU.COM- Perkembangan zaman digital yang semakin canggih di era 4.0 (For Point Zero) ternyata ada banyak inovasi handal yang mampu membuat kita mudah melakukan segala aktivitas kehidupan hanya dengan akses internet.

Tahukah anda,? Salah satu hal yang bisa dirasakan saat ini adalah gagasan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang bergerak di bidang daya kelistrikan, wow keren bukan.

New PLN Mobile, begitulah namanya, sebuah aplikasi dengan basic platform Android dan IOS melalui fitur canggih dengan tujuan agar bisa memudahkan para pelanggan mengakses layanan listrik hanya dalam satu genggaman digital, dan tentunya bisa digunakan di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Pada inovasi tersebut, Ada 8 layanan aplikasi New PLN Mobile yang bisa digunakan, diantara lain sebagi berikut.

1. Token dan Tagihan

Sebuah fitur yang bisa digunakan untuk layanan transaksi token bagi pelanggan yang memaki pascabayar dan layanan rekening listrik.

2. Layanan Listrik

Sebuah fitur yang bisa digunakan untuk permohonan Pasang Baru (PB), Ubah Daya (UD), dan Simulasi Biaya Permohonan (PB maupun PD).

3. Catat Meter

Fitur layanan yang bisa digunakan untuk melakukan proses pembacaan, pencatatan, dan melaporkan angka stand meter secara mandiri setiap bulan serta mendapatkan estimasi tagihan listriknya.

4. Pengaduan

Fitur layanan ini terbagi lagi menjadi 3 bagian berbeda, antara lain: 

a. Pengaduan gangguan bersifat teknis yang mengakibatkan padam.

b. Pengaduan gangguan bersifat non teknis yang tidak mengakibatkan padam, misal keluhan pasang baru atau perubahan daya, penyambung sementara, keluhan kWh pasca dan prabayar,keluhan informasi.

c. Layanan yang berkaitan dengan instalasi pelanggan (IML).

5. Info stimulus

Fitur layanan yang bisa digunakan untuk mengetahui kompensasi yang diberikan akibat dapat Pandemi Covid-19 dengan kriteria berikut. ( tarif rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA subsidi, tarif bisnis daya 450 VA, tarif industri daya 450).

6. ListriQu

Fitur layanan yang bisa digunakan untuk pemeriksaan, perbaikan, pemeliharaan, konsultasi, pembangunan dan penyediaan material, instalasi milik pelanggan (IML) yang dilayani dengan keunggulan kecepatan layanan, petugas bersertifikat, material sesuai standar kualitas dan garansi layanan.

7. Notifikasi

Fitur layanan untuk mendapatkan pemberitahuan dari layanan aplikasi New PLN Mobile.

8. Daftar Riwayat

Fitur layanan yang bisa digunakan untuk melihat transaksi serta aktivitas terakhir dalam layanan yang digunakan.

a. Riwayat transaksi

b. Riwayat permohonan

c. Riwayat catat Meterd

d Riwayat pengaduan

Seorang Pria pengguna layanan digital Aplikasi New PLN Mobile yang berada di Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Afrizal (Seorang Pejabat ASN), dirinya menjelaskan ke awak media bahwa pelayanan yang disediakan dalam aplikasi tersebut sangat memudahkan berbagai macam bentuk transaksi, tentunya untuk memenuhi kebutuhan di dunia kelistrikan.

"Saya lebih kurang sudah 6 bulan menggunakan Aplikasi Digital New PLN Mobile, ada banyak kemudahan yang telah saya rasakan, layanan penambah daya juga ada, kemudian untuk aduan masalah jaringan listrik juga tersedia di aplikasi tersebut," ujar Afrizal sebagai ASN atau orang nomor 3 di Kabupaten Indragiri Hilir.

Menurutnya lagi, Afrizal mengungkapkan bahwa layanan aplikasi New PLN Mobile sangat tepat digunakan pada kondisi Pandemi Covid19 yang terjadi saat sekarang ini.

"Jadi, menurut saya inovasi yang telah dilakukan pihak PLN sangat tepat sekali. Hikmah yang bisa diambil tentunya mengurangi tatap muka kepada pelayanan yang khawatir berpotensi tertularnya Covid19, entah itu dari kita atau dari pelayanan publiknya," Ungkap Aprizal.

Tidak hanya itu, untuk melancarkan layanan transaksi, Aprizal juga menjelaskan bahwa pengguna harus memiliki jaringan internet yang maksimal.

"Tentu syarat utamanya adalah akses internet yang bagus, dan harus ada saldo rekening yang bisa digunakan secara mobile banking," Kata Afrizal, ASN asal Kabupaten Indragiri Hilir.

M.Hosen, Manager ULP PLN Tembilahan mengatakan untuk data pasti pengguna Aplikasi New Mobile saat ini mencapai angka puluhan ribu ID token listrik.

"Untuk wilayah kerja ULP Tembilahan pengguna aplikasi tersebut sudah mencapai angka 10.592 ID token, tentu ini adalah gagasan yang tepat untuk digunakan semua masyarakat Inhil, Wilayah kerja Tembilahan khususnya," Ujar M.Hosen.

Editor : Syaiful
Komentar Via Facebook :