Giat Patroli dan Sosialisasi, Serda SE. Sinulingga : Jangan Bakar Lahan dan Hutan

Giat Patroli dan Sosialisasi, Serda SE. Sinulingga : Jangan Bakar Lahan dan Hutan

Babinsa Desa Minas Timur Koramil 09/Minas, Kodim 0303/Bengkalis, Serda SE.Sinulingga saat melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi tentang kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah Desa Minas Timur, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Sabtu, 21 November 2020.


SIAK, RANAHRIAU.COM - Babinsa Desa Minas Timur Koramil 09/Minas, Kodim 0303/Bengkalis, Serda SE.Sinulingga, melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi tentang kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah Desa Minas Timur, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Sabtu, 21 November 2020.

Kegiatan patroli dan sosialisasi dilakukan di daerah yang rawan kebakaran dalam rangka mendeteksi kemungkinan adanya titik api penyebab kebakaran.

SE. Sinulingga mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya karlahut khususnya di wilayah binaan.

"Kegiatan ini untuk mendeteksi titik api. Kalau ada, kami padamkan segera agar gidak terjadi karlahut," ujarnya.

Ia menambahkan, pencegahan karlahut dapat dilakukan dengan maksimal jika ada jalinan kerja sama dan koordinasi yang baik antara semua pihak, baik TNI, Polri, instansi pemerintah terkait maupun pihak swasta dan masyarakat pemanfaat lahan lainnya.

Di samping itu, sambungnya, para pihak pemanfaat lahan, baik swasta berbentuk badan usaha maupun perorangan, tidak membuka lahan dengan cara membakar. 

"Jangan membakar sekecil apapun di kawasan hutan dan lahan. Silahkan membuka lahan dengan cara yang tidak merusak lingkungan, apalagi hutan," ungkapnya.

Membakar hutan dan lahan dengan sengaja, di samping dapat mengakibatkan kebakaran, juga dapat dikenakan sanksi pidana bagi siapapun pelakunya.

Maka dari itu, ujarnya, mari kita jaga bersama kelestarian hutan dan lahan kita dengan tidak melakukan pembakaran.

"Semoga semua pihak dapat memahami tentang pentingnya ruang terbuka hijau seperti hutan sebagai paru-paru dunia sehingga tidak lagi ada oknum yang melakukan pembakaran demi menjaga kelestarian hutan untuk masa depan anak cucu kedepan," pungkasnya.

Pelaksanaan patroli dan sosialisasi berlangsung lancar, aman dan terkendali serta tidak ditemui adanya titik api penyebab kebakaran. 

 

Penulis : Juny

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :