Camilan Sehat sebelum Tidur

Camilan Sehat sebelum Tidur

RANAHRIAU.COM- Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa makan sebelum waktu tidur di malam hari adalah ide yang buruk. Namun, tak jarang banyak yang merasa kelaparan saat dini hari, bahkan tidak bisa beristirahat dengan nyenyak karena perut mereka yang keroncongan.

Dilansir Cnet, Kamis (22/10/2020), makan sebelum tidur tidak selalu merupakan ide yang buruk. Ada beberapa jenis kudapan atau camilan yang bisa dikonsumsi dan membuat Anda tetap sehat. “Kudapan sebelum tidur bisa menyehatkan dan membantu Anda tidur lebih nyenyak,” ujar Tony Castillo, seorang ahli gizi di Nutrition for Performance.

Castillo juga mengatakan secara khusus orang-orang yang berolahraga secara teratur dan aktif dapat memperoleh manfaat dengan mengkonsumsi jenis-jenis kudapan tertentu sebelum tidur. Hal itu karena konsumsi ini dapat menambahkan nutrisi yang dapat membantu memperbaiki dan memulihkan otot saat tidur.

Selain fokus untuk menyeimbangkan nutrisi dengan makanan berkualitas tinggi di malam hari, Anda juga harus mempertimbangkan pengaturan waktu camilan agar tidak mengganggu tidur. Ini bisa berbeda-beda pada setiap orang, tetapi, biasanya Anda ingin menghindari waktu makan yang sangat dekat dengan jadwal berbaring di tempat tidur. "Ada beberapa individu yang bisa makan sesuatu sebelum tidur dan tidak memiliki masalah. Yang lain mungkin harus memiliki waktu istirahat dua jam sebelum tidur]karena makan dapat menyebabkan refluks asam," jelas Castillo.

Mungkin perlu beberapa percobaan dan kesalahan, tetapi memberi diri Anda ruang untuk mencerna makanan  sebelum tidur dapat membantu mencegah masalah tersebut. Castillo merekomendasikan protein yang lambat dicerna dan karbohidrat berserat tinggi, “Anda membutuhkan karbohidrat berserat tinggi karena karbohidrat yang cepat dicerna dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan membuat Anda tetap terjaga,” kata Castillo.

Karbohidrat serat tinggi dan lambat dicerna adalah yang cenderung lebih mudah untuk gula darah. Contoh karbohidrat yang lambat dicerna adalah biji-bijian, oat, nasi merah, buah-buahan dan sayuran.
 

Editor : Abdul
Sumber : Cnet
Komentar Via Facebook :