Perwakonya Bulan ini

Pemko Pekanbaru Resmi Berlakukan Plastik Berbayar Rp200

Pemko Pekanbaru Resmi Berlakukan Plastik Berbayar Rp200

PEKANBARU, RanahRiau.com - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau resmi memberlakukan plastik berbayar kepada semua swalayan dan ritel di wilayah setempat seharga Rp200/lembar, guna menyukseskan program pemerintah mengurangi penggunaan kantong plastik.

"Hari ini secara resmi semua swalayan dan ritel di Pekanbaru serentak  mulai memberlakukan plastik kantong berbayar Rp200/lembar," ungkap Wali Kota Pekanbaru, Minggu, pada acara Hari Puncak Peduli Sampah Kota Pekanbaru dan peluncuran plastik berbayar 2016 di area CFD Jl Gajah Mada.

Firdaus menjelaskan, walau Pekanbaru baru kini meluncurkan penggunaan plastik berbayar sesuai edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, namun beberapa ritel sudah melakukan uji coba sebelumnya.

"Namun kami berpesan kepada pengelola ritel harus menanyakan kesediaan konsumen dulu untuk membayar platik kantong, kalau tidak bersedia jangan dipaksa," ucap Firdaus.

Firdaus menilai bulan plastik kantong berbayar bukan menjadi "goal" dari peluncuran ini tetapi menanamkan kesadaran dan tanggungjawab semua pihak untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

"Bayangkan ada 8,9 miliar lembar kantong plastik yang digunakan oleh masyarakat Indonesia  pertahun. Sementara butuh ratusan tahun untuk membaur sampah plastik ke alam," bebernya.

Jadi sebut Firdaus lagi peduli kantong plastik harus dimulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di  pemerintahan Pekanbaru.

"Jajaran pejabat, Camat, Lurah  hingga RT/RW harus bisa jadi contoh tidak menggunakan kantong plastik di tempat masing-masing," tegasnya.

Ia menyarankan masyarakat bisa membawa sendiri tas dari rumah yang bukan berbahan plastik saat berbelanja," tegasnya.  
   
Penerapan plastik berbayar ini di Pekanbaru akan ditangani empat SKPD yakni Badan Lingkungan Hidup selaku leading sektor, terus DKP, Disperindag, Koperasi dan UMKM.

Secara teknik Pemkot kini sedang menggodok peraturan wali kota yang akan jadi petunjuk teknis pengelolaan kantong plastik berbayar Rp200/lembar.

Firdaus berjanji akan menerbitkan Perwako kantong plastik berbayar bulan ini.

"Di dalam Perwako tersebut akan diatur penggunaan uang hasil penjualan kantong tersebut nantinya," tutup Firdaus. (Ant)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :