Sekretaris DPC FSP LEM SPSI Bengkalis 

Menyesali Dukungan Sikap Politik Ke Balon Bupati Tahun 2020 Oleh SPSI PT.MAS Bengkalis

Menyesali Dukungan Sikap Politik Ke Balon Bupati Tahun 2020 Oleh SPSI PT.MAS Bengkalis

FSP LEM SPSI Kabupaten Bengkalis Menyesali Pernyataan Dukungan Sikap Politik Terhadap Salah Satu Balon Bupati Bengkalis Tahun 2020 Oleh SPSI PT. Meskom Agro Sarimas Bengkalis


BENGKALIS, RANAHRIAU.COM - Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin - Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC FSP LEM SPSI) Kabupaten Bengkalis sangat "MENYESALI" pernyataan sikap politik Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT. Meskom Agro Sarimas Bengkalis, Jumat (11/9/2020).

Dimana, yang telah mendukung terhadap salah satu Kandidat Bakal Calon Bupati Bengkalis pada tanggal 9 September 2020 kemarin melalui Kunjungan Pengurus SPSI PT. Meskom Agro Sarimas Bengkalis dikediaman Balon Bupati tersebut. 

"Dari kekesalan tersebut, atas nama Ketua melalui Sekretaris DPC FSP LEM SPSI Kabupaten Bengkalis Anwar S Julius melontarkan penolakan dan mengecam keras atas pernyataan sikap tersebut oleh Pengurus SPSI PT. MAS selaku induk organisasi Federasi Serikat Pekerja secara tegas dan terang-terangan melanggar ketentuan AD/ART organisasi SPSI, setelah membaca di beberapa media eletronik online," kesal Julius.

Menurut Sekretaris DPC FSP LEM SPSI Kabupaten Bengkalis Anwar S Julius, jika benar berita yang tertulis di media tentang pernyataan sikap politik dukungan terhadap Balon Bupati tersebut oleh Pengurus SPSI PT.MAS, maka kami atas nama FSP LEM SPSI Kabupaten Bengkalis sebagai salah satu anggota Federasi Serikat Pekerja yang berkoordinir di SPSI memintak ketegasan Pimpinan DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) Propinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis untuk menindak lanjuti dan bila perlu segera dicabut SK Kepengurusan SPSI PT. MAS tersebut," tegas Julius dengan kesalnya.

Hal ini, kata Julius lagi, bahwa sebagaimana disebutkan di dalam Anggaran Dasar SPSI Bab IV Kedaulatan Organisasi pasal 11 Kedaulatan tertinggi organisasi berada ditangan anggota yaitu, Federasi Serikat Pekerja Anggota (FSPA) yang dilakukan sepenuhnya melalui konferensi atau rapat-rapat sebagai mekanisme organisasi yang dilaksanakan menurut jenjang organisasi.

Pada ayat (1) huruf (c) Ditingkat Kabupaten/Kota disebut Konferensi Cabang (KONFERCAB) bahwa, Pengurus SPSI PT. MAS secara struktural organisasi merupakan tingkatan organisasi yang berkedudukan di Pimpinan Unit Kerja (PUK). Dan secara organisasi tidak memiliki kapasitas menyatakan kedaulatan organisasi, selain satu tingkat diatasnya sebagai Pimpinan Cabang SPSI Kabupaten.

"Maka berdasarkan satu tingkatan diatasnya, DPC FSP LEM SPSI Kabupaten Bengkalis secara organisasi atas nama SPSI merasa dirugikan atas pernyataan sikap politik dukungan terhadap salah satu balon Bupati yang dilakukan oleh pengurus SPSI PT. MAS kemarin, tanpa Koordinasi terlebih dahulu kepada Pimpinan Federasi Serikat Pekerja yang ada di Kabupaten Bengkalis," Geram Julius.

Sepengetahuan Julius, bahwa Federasi yang telah berdiri dan terbentuk di Kabupaten Bengkalis ada beberapa diantaranya Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin - Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) Kabupaten Bengkalis, dan Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia - Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPTI - SPSI) wilayah Bengkalis dan wilayah Duri. 

"Julius menambahkan lagi, sampai saat ini baik di FSP LEM SPSI Kabupaten Bengkalis dan FSPTI SPSI Bengkalis dan Duri tidak pernah sama sekali menyatakan sikap dukungan politik terhadap salah satu Balon Bupati Bengkalis yang ada dengan mengatas namakan organisasi masing-masing. Bahkan, SPSI PT.MAS sendiri baru hari ini kita ketahui keberadaannya dan sama sekali tidak pernah melakukan koordinasi kerja organisasi terhadap FSP LEM SPSI Kabupaten Bengkalis," imbuhnya lagi.

Dan untuk memastikan kebenaran isu terkait adanya tekanan dan intervensi Pimpinan SPSI Propinsi Riau untuk mendukung salah satu Balon Bupati tersebut, melalui sambungan Washapp (WA) Julius telah menghubungi Ketua DPD FSP LEM SPSI Propinsi Riau dan sekaligus sebagai Wakil Ketua DPD SPSI Propinsi Riau Yoserizal, S.T, M.Si, membantah hal tersebut bahkan secara tegas mengatakan SPSI dilarang keras berpolitik.

"Dan jika personal pengurusnya ingin mendukung salah satu balon adalah hak mereka, namun tidak boleh dan dilarang keras mengatas namakan organisasi SPSI," tutup Julius.

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :